Singgung Peretasan PDN, Bamsoet Soroti Keamanan Siber di Sidang Tahunan MPR 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 10:40 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat berpidato dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat berpidato dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti sektor keamanan siber yang belakangan menjadi isu kritis, dan menjadi perhatian masyarakat luas.

Bobroknya keamana siber ini pun terlihat dalam kasus peretasan Pusat Data Nasional, "Ini Menggarisbawahi pentingnya keamanan siber yang kuat," kata pria yang akrab disapa Bamsoet, dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Kemudian, Indonesia pun terpaut jauh di sektor keamanan siber, Bamsoet mengutip data dari National Cyber Security Index, dimana Tanah Air masih berada di posisi kelima di Asia Tenggara dalam hal keamanan siber.

"Ini menunjukkan bahwa ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan ketahanan siber di negara ini," tuturnya.

Tidak sampai disitu, soal akses internet di Indonesia yang belum menjangkau secara menyeluruh hingga menyebabkan ketimpangan digital juga disebut sebagai PR besar pemerintahan ke depan.

"Kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi, juga diharapkan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang kita hadapi saat ini. Digitalisasi layanan dari perdagangan, jasa keuangan, hingga pemerintahan, berkembang semakin cepat dalam satu dekade terakhir. Namun digitalisasi yang berkembang pesat juga meninggalkan persoalan lain, yakni melebarnya ketimpangan digital, terutama di Indonesia bagian timur," tandasnyasinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: