Jokowi Puji Kinerja KPU dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 20 Agustus 2024 | 10:53 WIB
Presiden Jokowi Jokowi saat Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada KPU. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi Jokowi saat Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada KPU. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sudah menggelar Pemilihan Umum 2024 dengan baik. Ia bilang pestas demokrasi mampu berjalan dengan sukses karena aman, tertib dan lancar.

Hal itu dikatakan Jokowi saat Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada KPU di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Selasa (20/8/2024).

“Pertama-tama saya menyampaikan pengahargaan, sangat menghargai, sangat menghormati, kerja keras KPU dari pusat sampai daerah. Yang telah sukses, berhasil menyelenggarakan seluruh tahapan Pilpres dan Pemilu Legislatif di tahun 2024 secara aman, tertib dan lancar,” kata Jokowi dalam paparannya.

Jokowi memahami bilamana penyelengaraan Pemilu bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi, Pemilu 2024 dilaksanakan secara serentak dan berbeda dari sebelumna.

“Saya paham betul, menyelenggarakan pemilu serentak itu sangat berat. Pemilu terbesar sepanjang sejarah bangsa kita. Ada Pilpres, Pemilihan DPR, DPRD, DPD, kemudian pemilihan DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dengan jumlah suara sah kemarin 164.227.475 suara yang ada di 822.699 TPS,” ungkap Jokowi.

“Saya membayangkan saja, betapa sangat banyak ternyata TPS di saat pemilu kemarin dan dilakukan secara bersamaan. Oleh sebab itu, sekali lagi, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” imbuh dia.

Jokowi pun berkelakar, rasa lelah yang dialami oleh petugas KPU saat menyelenggarakan Pemilu 2024 masih belum selesai.

Akan tetapi, mereka pun kembali siapa menggelar hajatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dalam beberapa bulan lagi.

“Saya tahu capeknya belum hilang betul, bener? Masih pegal-pegal mungkin. Masih penat rasanya karena juga baru selesai di Mahkamah Konstitusi baru kemarin. Tapi dalam beberapa hari lagi sudah memasuki tahapan Pilkada serentak di 508 kabupaten/kota di 37 provinsi,” tandas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: