Khofifah Duga Putusan MK Bakal Ubah Peta Politik Pilkada 2024

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 20 Agustus 2024 | 17:01 WIB
Khofifah duga putusan MK bakal ubah peta politik Pilkada (Beritanasional/Panji)
Khofifah duga putusan MK bakal ubah peta politik Pilkada (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) 2024 Khofifah Indar Parawansa menduga peta politik dalam pertarungan pemilihan kepala daerah yang bakal dilakukan dalam waktu dekat berpotensi berubah.

Hal itu ia ucapkan menyoroti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah oleh parpol dalam Pilkada 2024.

"Mungkin di beberapa titik akan mengubah peta politik, mungkin di beberapa titik. Tapi di beberapa titik lain Insya Allah tetap running well gitu," ujar Khofifah di ICE BSD, Selasa (20/8/2024).

Meski demikian, Khofifah bakal menghormati semua keputusan MK yang final dan mengikat. Ia menilai keputusan tersebut merupakan proses demokrasi yang terjadi di MK.

Di sisi lain, Bakal calon gubernur Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK) mengaku senang jika mendapat banyak rival yang akan bertanding melawannya dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Sekarang juga di Jakarta lebih banyak lebih bagus, lebih menyenangkan lah ya. Saya kan sudah 2 kali pilkada, di Bandung jumlah pasangannya 8, di Jawa Barat pasangannya 4," ujar RK.

Ia menegaskan bakal mengikuti keputusan dari aturan yang telah ditetapkan MK. Menurutnya, hal tersebut merupakan kewajiban yang sejatinya harus diikuti.

"Dari awal juga tugas kami hanya mengikuti. Kalau ada perubahan aturan, kalau memang sudah berlaku atau seperti apa, kita tunggu keputusan resminya," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: