Israel Terima Proposal AS untuk Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 20 Agustus 2024 | 23:17 WIB
Gaza hancur akibat serangan Israel (Foto/UNRWA)
Gaza hancur akibat serangan Israel (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - AS, Qatar, dan Mesir terus berupaya mendorong gencatan senjata antara Hamas dan Israel di Gaza mengingat korban tewas di Gaza semakin banyak. Namun upaya negosiasi tidak berjalan dengan mulus.

Apalagi Israel baru saja membunuh Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Hamas tidak mau begitu saja menerima negosiasi damai antara Israel dan Hamas untuk Gaza.

Dikutip dari VOA, AS tidak putus asa dan terus mendesak Israel dan Hamas. Washington terus mendesak kedua belah pihak untuk melanjutkan negosiasi damai.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menerima proposal  mengenai kesepakatan gencatan senjata Gaza. Jadi saat ini tinggal Hamas apakah akan menyetujuinya.

“Sekarang Hamas berkewajiban untuk melakukan hal yang sama. Dengan bantuan mediator Mesir, Qatar dan AS bisa melanjutkan proses negosiasi damai," ujar Blinken.

Kunjungan Blinken ke Timur Tengah merupakan perintah Presiden AS Joe Biden untuk menurunkan eskalasi di Timur Tengah.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: