Ali Al Hamadi Jadi Pesepak Bola Irak Pertama yang Bermain di Premier League

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 09:00 WIB
Ali Al Hamadi, bomber Ipswich Town. (Foto/Ipswich Town)
Ali Al Hamadi, bomber Ipswich Town. (Foto/Ipswich Town)

BeritaNasional.com -  Penyerang Ipswich Town Ali Al Hamadi membuat sejarah pada Sabtu (17/8/2024) setelah menjadi orang Irak pertama yang bermain di Premier League.

Striker ini masuk di babak kedua pada menit ke-74 saat tim yang baru promosi itu dikalahkan 0-2 oleh Liverpool di Stadion Portman Road.

Ipswich yang baru promosi bermain dengan cukup baik dalam 45 menit pertama. Namun, tim tamu The Reds yang dipimpin oleh manajer baru Arne Slot bermain apik setelah turun minum.

Penyerang yang terikat kontrak dengan Ipswich Town hingga musim panas 2028 tersebut tampil gemilang dengan pergerakannya yang membuatnya beberapa kali mendapat kesempatan untuk mencetak gol. Dua kali ia berusaha membobol gawang kiper Liverpool Alisson Becker meskipun satu di antaranya offside.

Dilansir dari laman resmi Premier League, pertandingan itu sangat istimewa bagi pemain berusia 21 tahun itu yang tumbuh di Liverpool setelah melarikan diri dari Irak bersama orang tuanya saat masih bayi.

Dia menjalani uji coba di Liverpool dan Everton sebelum bergabung dengan Tranmere Rovers dan kemudian pindah ke akademi Swansea City.

Di sana, dia menandatangani kontrak profesional di Wycombe Wanderers sebelum pindah ke AFC Wimbledon yang memicu kariernya. 

Torehan 27 gol dalam 48 pertandingan untuk Dons menarik perhatian Ipswich membayar sekitar 1 juta poundsterling untuk mengontraknya. Al-Hamadi menandatangani kontrak dengan Ipswich pada Januari 2024.

Tampilnya Al Hamadi sebagai pemain pengganti pada Sabtu menambah jumlah negara yang diwakilinya, Irak, menjadi 124 dalam 32 tahun Premier League bergulir. 

Dalam karier sepak bola di Irak, Al Hamadi telah mencetak tiga gol dalam 12 penampilan internasional.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: