Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Tampil di Liga Inggris

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 21 Agustus 2024 | 08:01 WIB
Marselino Ferdinan resmi bergabung di Oxford United. (Foto/Oxford United).
Marselino Ferdinan resmi bergabung di Oxford United. (Foto/Oxford United).

BeritaNasional.com - Terdapat empat pemain Timnas Indonesia yang bermain di klub Liga Inggris. Terbaru, Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan Oxford United yang berada di klub kasta kedua Liga Inggris.

Tak hanya Marselino saja yang bermain di Liga Inggris.  Tapi ada sejumlah pemain Timnas Indonesia yang bermain di  sana. Misalnya Elkan Baggott, Nathan Tjoe-A-On hingga Justin Hubner.

Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang bermain di Liga Inggris:

1. Elkan Baggott

Elkan Baggott bisa dibilang menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang lama mencari ilmu di Liga Inggris. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini sudah menjadi bagian dari Ipswich Town sejak tahun 2016 lalu.

Namun, sampai Ipswich Town promosi ke Premier League Baggott belum juga mendapatkan kepercayaan untuk bermain. Dia kerap dipinjamkan dan kini sedang menjalani masa pinjaman di Blackpool yang bermain di kasta ketiga Liga Inggris.

2. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On direkrut oleh Swansea City pada musim 2023/2024. Kemudian dia dipinjamkan ke klub asal Belanda Heerenveen untuk mendapatkan menit bermain.

Pada musim ini, pelatih Swansea City, Luke Williams mulai memberi kepercayaan kepada Nathan. Pemain berusia 22 tahun itu sudah bermain di dua pertandingan Swansea City musim ini di Carabao Cup dan Championship.

Debut Nathan di Championship terjadi ketika Swansea mengalahkan Preston North End 3-0 pada 17 Agustus lalu. Nathan pun menjadi pemain pertama Timnas Indonesia yang tampil di Championship.

3. Justin Hubner

Justin Hubner sudah menjadi bagian dari tim akademi  Wolverhampton sejak tahun 2020 lalu. Musim lalu, Hubner dipinjamkan ke Cerezo Osaka di Liga Jepang.

Namun pada 16 Juli 2024, dia kembali ke Wolves karena jarang mendapatkan menit bermain. Dia pun sempat skuad Wolves di ajang Premier League ketika melawan Arsenal pada 2 Desember 2023. Tapi, Hubner tidak bermain di laga itu.

4. Marselino Ferdinan

Kini Marselino menjadi salah satu pemain yang bermain di Liga Inggris. Sebelumnya, dia bergabung dengan klub Belgia KMSK Deinze.

Tentunya, kehadiran menjadi penantian pecinta sepak bola Indonesia karena setelah berpisah dengan KMSK Deinze Marselino belum memiliki klub baru.

Pelatih Oxford United, Des Buckingham melontarkan pujian kepada pemain asal Indonesia Marselino Ferdinan. Diketahui, Marselino resmi diumumkan sebagai pemain baru Oxford pada Senin (19/8/2024) malam WIB. 

Menurut Des Buckingham mengatakan, dirinya melihat Marselino adalah pemain muda yang memiliki permainan terbaik. Apalagi, dia sudah menyaksikan permainan Marselino melalui video saat bertanding di Piala Asia.

“Marselino adalah pemain muda yang menarik. Pertandingan yang telah kami tonton dan laporan tentangnya dari Asia menunjukkan bahwa ia adalah salah satu pemain muda terbaik yang sedang naik daun, jadi ini adalah kesempatan untuk memilikinya di sini dan menjadi bagian dari apa yang kami lakukan,” ujar Des Buckingham dikutip dari laman resmi Oxford, Selasa (20/8/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: