Jenderal Sigit Sebut Hari Juang Polri sebagai Penghormatan Pendahulu Polri

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 03:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto. (Beritanasional/Elvis Sendouw)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto. (Beritanasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan Hari Juang Polri merupakan wujud penghormatan atas segala jasa pahlawan pendahulu Polri dalam perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Hari Juang Polri merupakan wujud penghormatan sekaligus momentum untuk mengenang sejarah pengabdian dan kesetiaan pahlawan pendahulu Polri yang telah mempertaruhkan seluruh jiwa raga demi memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar Kapolri dalam sebuah video yang dilansir dari Instagram Divisi Humas Polri @divisihumaspolri, Selasa (20/8/2024).

Tanggal 21 Agustus 1945 merupakan hari yang tak terlupakan untuk kepolisian Indonesia. Sejarah mencatat pada saat itu terjadi peristiwa Proklamasi Polisi yang dilakukan Polisi Istimewa di Bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin.

Untuk memperingati momen bersejarah itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor:KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari lalu yang menetapkan Hari Juang Polri. Sehingga mulai tahun ini, setiap tanggal 21 Agustus, akan diperingati Hari Juang Polri.

Hari Rabu 21 Agustus 2024 esok, akan menjadi hari yang bersejarah bagi Polri. Untuk pertama kali Korps Bhayangkara akan menggelar upacara Hari Juang Polri di depan Monumen Perjuangan Polri, Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Saya Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si., Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan Selamat Hari Juang Polri, melalu tema Dengan Semangat Hari Juang Polri Yang Presisi Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Jenderal Sigit berharap peringatan Hari Juang Polri bisa menjadi motivasi seluruh anggota Polri agar meningkatkan semangat untuk mengabdi bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Semoga peringatan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh anggota Polri untuk meningkatkan semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: