Penemu Fosil Purba Perlu Diberi Kompensasi, Ini Alasannya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 23 Agustus 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi fosil purba (Foto/Pixabay)
Ilustrasi fosil purba (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Rupanya warga Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berkontribusi dalam penemuan fosil purba di kawasan Situs Patiayam. Ia diusulkan mendapatkan kompensasi karena berjasa dalam menemukan fosil purba.

"Dalam mengusulkan kompensasi tersebut, kami siap melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran," kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus, Jamin di Kudus.

Jamin menjelaskan, sejak Desember 2023 hingga Agustus 2024 tercatat 10 orang yang menemukan fosil purba. Ia terus berharap warga masih bersedia melaporkan ataupun menyerahkan hasil temuan fosilnya itu kepada Museum Patiayam.

"Kompensasi tersebut untuk mendorong kepedulian masyarakat untuk ikut melestarikan keberadaan fosil purba di kawasan Situs Patiayam," kata Jamin.

"Kami berharap jika warga menemukan fosil purba melaporkan dan menyerahkan hasil temuannya," ujarnya.

Pemkab Kudus ataupun BPSMP Sangiran sulit menemukan semua fosil purba yang ada. Apalagi personelnya juga sedikit.

Dikutip dari Antara, perlu keterlibatan masyarakat dengan mendorong mereka lewat pemberian kompensasi bagi warga yang sudah menemukan fosil purba tersebut.

Hingga saat ini koleksi fosil manusia purba yang ada di Museum Patiayam jumlahnya mencapai 10.509 fragmen. Sebagian besar merupakan hasil temuan warga. Namun yang dipamerkan melalui ruang pamer di museum baru 200-an fragmen.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: