Baru Berlabuh, Gundogan Bisa Saja Bermain di Laga Man City vs Ipswich Town

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 24 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Rekrutan baru Man City, Ilkay Gundogan. (Foto/Man City)
Rekrutan baru Man City, Ilkay Gundogan. (Foto/Man City)

BeritaNasional.com - Manajer Manchester City Pep Guardiola mengatakan Ilkay Gundogan menunjukkan performa ciamik bersama Barcelona meski baru satu musim. 

Mantan pemain Borussia Dortmund tersebut, kata Pep, juga mendapatkan banyak menit bermain selama di klub Catalan itu.

“Kami tahu kualitas yang ia tunjukkan musim lalu di Barcelona. Ia bermain di level tinggi, konsisten dengan banyak menit bermain, dan menghasilkan banyak gol. Kami tidak ragu ketika peluang itu terbuka, jadi kami sangat senang ia kembali,’’ ungkap mantan pelatih Barcelona yang dikutip dari laman resmi klub.

Dengan begitu, Gundogan, menurut Pep, tidak perlu beradaptasi lagi dan langsung bisa bermain membela Man City menghadapi Ipswich Town di Stadion Etihad pada Sabtu (24/8/2024) pukul 21.00 WIB.

"Dia tidak butuh waktu untuk beradaptasi. Jika dia harus bermain (saat melawan Ipswich Town), dia tahu segalanya. Itulah mengapa kami merasa nyaman, dan saya tahu mentalitasnya," tegas Pep.

Sebelumnya, Pep Guardiola mendapatkan kejutan yang luar biasa setelah Manchester City merekrut kembali Ilkay Gundogan selang satu tahun pindah ke Barcelona.

Mantan kapten Man City itu menyelesaikan kepulangannya ke Stadion Etihad pada Jumat (23/8/2024) dan dapat langsung masuk skuad menghadapi Ipswich Town pada Sabtu.

"Itu benar-benar kejutan dan tak terduga. Itu terjadi," kata Guardiola dalam konferensi pers sebelum pertandingan yang dikutip dari laman resmi klub Man City pada Sabtu (24/8/2024).

Saat ini, Guardiola mengantisipasi bahwa Gundogan dan pemain sayap asal Brasil Savinho akan menjadi satu-satunya rekrutan senior sang juara di musim panas.

Saya kira tidak, tetapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada akhir pasar. Mungkin ada sesuatu yang terjadi dalam hal cedera atau pasar memberikan sesuatu yang tidak terduga yang secara finansial cocok bagi kami atau secara taktis juga. Saya tidak berpikir demikian, tetapi saya tidak tahu," tandasnya.

Diketahui, Savinho dipaksa keluar lapangan pada babak pertama saat menjalani debutnya di Premier League melawan Chelsea Minggu lalu, sedangkan ketersediaan Rodri melawan Ipswich juga diragukan setelah ia terlambat kembali berlatih usai memenangkan UEFA EURO 2024 bersama Spanyol.

"Savinho merasa lebih baik. Saya tidak merasa dia dalam kondisi terbaiknya. Dia sudah berlatih. Kita lihat saja hari ini dan apa yang akan kami lakukan dengannya. Rodri tidak bersama tim. Mungkin hari ini (dia bisa melakukan) latihan parsial,” ucap Pep.

Ketika ditanya apakah Rodri akan tampil melawan Ipswich, Guardiola mengatakan dirinya kemungkinan tidak menurunkan Rodri pada laga melawan Ipswich Town.

"Saya rasa tidak, tapi kita lihat saja nanti," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: