Surya Paloh Tegaskan NasDem Siap Dukung Pemerintahan Prabowo, tapi Tak Incar Kursi Kabinet

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 28 Agustus 2024 | 07:46 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan, kursi kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto bukan menjadi prioritas. Meski NasDem secara resmi mendukung menyatakan menjadi partai pendukung pemerintahan mendatang.

"Yang jelas bahwasanya Partai Nasdem berada di dalam koalisi pemerintahan. Tetapi apakah NasDem akan berada di kabinet, itu tidak prioritas utama bagi NasDem," kata Surya usai penutupan Kongres III NasDem di JCC, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

"Sungguh-sungguh sejujurnya. Saya katakan ini dalam kapasitas sebagai ketua umum terpilih, kita ingin menjadi katakanlah bagian dari pemerintahan presiden Prabowo Subianto," tegasnya.

NasDem, meski tidak ada menteri di kabinet sekalipun tetap memberikan kontribusi terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran dengan cara lain. Seperti memberi ide dan pemikiran.

"Walaupun tidak berada dalam komposisi ada menteri di kabinet, toh bisa memberikan kontribusi dalam hal lainnya. Pasti itu ada," ujar Surya.

NasDem, kata Surya, ingin memberikan contoh bahwa institusi partai politik yang memberikan dukungan kepada pemerintah tidak melulu harus mendapatkan kursi kabinet.

"Toh di luar kabinet kenapa memangnya? tidak memposisikan dirinya sebagai institusi partai politik bagaimana kemampuan menjaga integrity independensinya untuk mendorong suasana kondusif bermanfaat bagi pemerintahan," kata Surya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: