Federico Chiesa Jadi Rekrutan Kedua Liverpool Musim 2024/2025

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 29 Agustus 2024 | 21:08 WIB
Federico Chiesa sebagai rekrutan anyar Liverpool. (Foto/Liverpool FC)
Federico Chiesa sebagai rekrutan anyar Liverpool. (Foto/Liverpool FC)

BeritaNasional.com - Liverpool resmi mengumumkan Federico Chiesa sebagai rekrutan anyar dari Juventus pada bursa transfer musim panas ini.

Tim berjuluk The Reds ini mendatangkan pemain sayap Timnas Italia itu kontrak jangka panjang. Pemain berusia 26 tahun itu bergabung beberapa hari setelah kiper Giorgi Mamardashvili menjadi rekrutan pertama Slot. Pemain Georgia itu setuju untuk pindah ke The Reds dari Valencia menjelang musim 2025/2026.

Chiesa akan mengenakan nomor punggung 14 untuk Liverpool dan menjadi pemain Italia ketujuh yang bergabung dengan klub tersebut.

Chiesa merasa bahagia bisa menjadi bagian dari keluarga besar Liverpool. Dia mengetahui sejarah Liverpool sebagai tim besar Premier League.

"Saya sangat senang menjadi pemain Liverpool. Ketika Richard Hughes menelepon saya dan berkata Apakah kamu ingin bergabung dengan Liverpool? Pelatih menelepon saya, saya langsung berkata ya karena saya tahu sejarah klub ini. Jadi, saya sangat gembira dan tidak sabar untuk memulainya,’’ kata Chiesa kepada situs web resmi klub pada Kamis (29/8/2024).

Diketahui, Chiesa lahir pada 25 Oktober 1997 di Genova, Italia. Ia memulai kariernya di klub Italia Fiorentina. Dia tampil sebanyak 153 kali, mencetak 34 gol, dan mencatat 26 assist.  

Ia bergabung dengan Juventus dari Fiorentina awalnya dengan status pinjaman pada tahun 2020, menghasilkan delapan gol dan delapan assist yang mengesankan dalam 30 penampilan.  

Chiesa melanjutkan penampilan apiknya di kancah internasional, menjadi bintang bagi Italia selama perjuangan mereka meraih gelar juara Euro 2020.  

Sejak melakoni debut di timnas di usia 20 tahun, penyerang ini telah bermain 51 kali dan mencetak tujuh gol.  

Selama waktunya bersama Juventus, Chiesa tidak beruntung karena banyak cedera. Ia menderita robekan ligamen krusiatum pada tahun 2022 yang membuatnya absen selama sembilan bulan, dan cedera ringan lainnya yang membuatnya tidak masuk dalam tim.  

Namun, pemain sayap itu kembali ke performa biasanya, setelah tampil dalam 37 pertandingan musim lalu dan mencatatkan 10 gol dan tiga assist. 

Dia sekarang pindah ke Merseyside setelah 131 pertandingan dan 32 gol untuk Juventus. 

Chiesa terutama bermain sebagai pemain sayap kanan, tetapi juga sering bermain di sisi kiri dan tepat di belakang penyerang sebagai striker kedua.  

Dia akan memperkuat serangan Liverpool yang meliputi Mohamed Salah , Luis Diaz , Diogo Jota, Darwin Nunez dan Cody Gakpo .

Pemain depan Italia ini memiliki kecepatan yang luar biasa dan kemampuan menggiring bola yang sangat baik yang memungkinkannya untuk bergerak masuk dan keluar untuk mengalahkan lawannya, selain kemauannya untuk melepaskan tembakan dari jarak jauh, Chiesa akan cocok dengan lini depan The Reds.

Di awal kariernya, sang penyerang disamakan dengan Gareth Bale muda, "Chiesa memiliki keterampilan dan kualitas menggiring bola, tetapi juga stamina, kecepatan, dan kekuatan. Ia seperti Gareth Bale muda yang membuat Anda tergila-gila dan tidak pernah menyerah." ungkap pemenang Piala Dunia Italia dan legenda Fiorentina Giancarlo Antognoni.

Kapan dia bisa melakukan debutnya? 

Liverpool telah memenangkan kedua pertandingan mereka sejauh ini di bawah bos baru Slot, dan akan bertandang ke Manchester United pada hari Minggu untuk pertandingan berikutnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: