Cak Imin Unggah Foto Bareng Anies, PKB Berbicara soal Nilai Persahabatan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 22:01 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengunggah foto bersama mantan pasangannya di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan. Hal itu sebagaimana dalam akun instagram @cakiminNOW.

Cak Imin—sapaan akrab Muhaimin Iskandar—mengunggah foto bersama  Anies di sebuah garasi. Lalu Cak Imin dan Anies saling mengerti kondisi masing-masing.

Mengenai hal tersebut, Wasekjen PKB Syaiful Huda menuturkan bilamana positingan itu sedikit menyinggung ihwal nilai persahabatan.

“Ya kan sama-sama berteman gini. Prinsip NU itu berbeda, sekeras apapun sikap politik tidak boleh melukai persahabatan, tidak boleh lalu merendahkan persahabatan,” jelas Huda di DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).

Ditegaskan Huda tidak ada makna khusus yang tersirat dari postingan tersebut, tapi hanya menekankan apapun kondisinya tetap bersahabat baik.

"Saya kira tidak ada yang salah dari postingan Cak Imin karena itu value NU. Di NU itu kyai berbeda pandangan, berbeda menghukumi sesuatu itu biasa. Hubungan kemanusiaan, hubungan persahabatan tetap jalan," tegas Huda.

Lebih jauh, Huda mengatakan saat ini Cak Imin memang tidak mendukung Anies untuk bertarung di Pilkada 2024. Sehingga hubungan persahabatan haruslah terjalin dengan baik.

“Saya kira beliau berdua sangat dekat, terlebih saat pilpres bersamaan, jadi semua saling memahami. Posisi Cak Imin sebagai apa dan Anies sebagai apa,” beber dia.

“Sekali lagi sepenuhnya punya ruang masing-masing. Cak Imin sebagai Ketum PKB harus lebih keras lagi memenangkan Pemilu 2029 yang akan datang. Jadi cara pandang itu sebeda apa pun, sekerasa apa pun kita tetap persahabatan dijaga,” imbuh dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: