Turki dan Mesir Siap Bahas Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 03 September 2024 | 07:00 WIB
Warga Gaza kondisinya mengenaskan (Foto/UNRWA)
Warga Gaza kondisinya mengenaskan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - AS, Mesir, Turki, dan Qatar terus mendorong terjadinya negosiasi demi meraih gencatan senjata di Gaza. Apalagi korban tewas di Gaza sudah mencapi 40 ribu lebih orang.

Presiden Mesir Abdel Fattah Sisi dan Pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan siap membahas langkah-langkah menuju penyelesaian konflik Gaza pada pertemuan 4 September yang akan datang.

Dikutip dari surat kabar Turki Milliyet, Sisi akan mengunjungi Turki pada Rabu untuk bertemu dengan Erdogan. Pertemuan tersebut akan berlangsung di tengah proses normalisasi hubungan bilateral antara kedua negara.

Tiga isu utama diperkirakan akan dibahas antara lain membahas langkah-langkah menuju gencatan senjata di Gaza dan upaya penyediaan bantuan kemanusiaan.

Isu penting lainnya yang akan dibahas adalah perluasan kerja sama, termasuk peningkatan perdagangan bilateral dari 10 miliar dolar AS (155,3 triliun rupiah) menjadi 15 miliar dolar AS (233 triliun rupiah).

Salah satu kesepakatan pertahanan yang direncanakan adalah perjanjian untuk memasok Mesir dengan pesawat tanpa awak.

Dikutip dari Antara, Sisi dan Erdogan juga diperkirakan akan membahas isu-isu regional, seperti Mediterania Timur dan Libya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: