Beri Apresiasi, KPK Nilai Prabowo Serius Berantas Korupsi di Indonesia

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 04 September 2024 | 10:29 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nilai Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto punya keseriusan dalam memberantas korupsi di tanah air.

Hal itu diucapkan Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto merespons Prabowo yang ingin menyiapkan anggaran khusus untuk memberantas dan memburu koruptor.

"Pernyataan ini kami pandang sebagai niat keseriusan beliau untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bebas korupsi,” ujar Tessa di Gedung Merah Putih dikutip Rabu (4/9/2024).

KPK juga berharap Prabowo punya komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi selama masa kepemimpinan sebagai presiden pada Oktober mendatang.

"Kami KPK berharap Bapak Prabowo Subianto memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi selama masa kepemimpinan beliau sebagai presiden nanti," tuturnya.

Ia memastikan anggaran khusus itu tak akan membuat KPK tebang pilih dalam memberantas korupsi karena masyarakat bakal turut mengawal lembaga antirasuah.

“KPK akan selalu independen dalam memberantas korupsi dan kami juga meminta seluruh masyarakat, seluruh elemen untuk bisa mendukung dan mengawal KPK,” kata dia.

Sebelumnya, Prabowo bakal menyiapkan anggaran khusus agar aparat penegak hukum bisa mengejar koruptor ke mana pun.

Hal itu ia ucapkan dalam acara penutupan Rapimnas Partai Gerindra Sabtu, (31/8/2024). Menurutnya, korpsi tak bisa dia toleransi keberadaannya di tanah air.

"Mungkin saya akan cek kembali anggaran. Saya akan sisihkan anggaran khusus untuk pemberantasan dan pengejaran koruptor-koruptor itu," kata Prabowo.

"Kalaupun dia (koruptor) lari ke Antartika, aku kirim pasukan khusus untuk nyari mereka di Antartika," imbuhnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: