Dialog Lintas Agama di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus Disambut Marawis

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 05 September 2024 | 09:41 WIB
Paus Fransiskus saat tiba di Masjid Istiqlal. (Foto/Youtube Komsos Kwi).
Paus Fransiskus saat tiba di Masjid Istiqlal. (Foto/Youtube Komsos Kwi).

BeritaNasional.com - Pemimpin terginggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Paus Fransiskus rencananya akan menghadiri pertemuan antar tokoh agama dan diakhiri dengan statement bersama antara Paus dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Berdasarkan pantauan dilihat dari YouTube, menaiki mobil berwarna putih Paus Fransiskus tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 09.15 WIB.

Saat tiba, Paus disambut dengan alunan musik marawis yang dimainkan oleh sejumlah pemuda.

“Selamat datang di Istiqlal,” begitu sambutan oleh para pemuda itu.

Paus juga disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kemudian keduanya berjalan sebelum nantinya menjajal terowongan penghubung Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Terlihat sejumlah tokoh bangsa sudah hadir. Antara lain, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 RI sekaligus sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla dan istri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah didampingi putrinya Yenny Wahid. 

Selain itu, sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) terlihat hadir. Antara lain Menteri komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono.

Cendikiawan Muslim Quraish Shihab dan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: