Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Siapkan Ruang Isolasi Pasien Monkeypox

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 06 September 2024 | 05:30 WIB
Pasien Monkeypox  (Foto/Freepik)
Pasien Monkeypox (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat telah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk pasien cacar monyet alias Monkeypox. Apalagi Monkeypox banyak menyerang berbagai negara lain.

Ahli Dermatologi Umum RSHS Bandung Hendra Gunawan mengatakan, 2024 ini belum ditemukan pasien yang terpapar cacar monyet, hal itu tetap harus diwaspadai.

“Bahwa kita memiliki ruangan Kemuning dan RIKK untuk pasien-pasien yang terpapar kasus Monkeypox,” katanya.

Ia menerangkan, saat ini RSHS Bandung punya 5 ruang isolasi yang dapat digunakan jika ada pasien cacar monyet membutuhkan perawatan.

Ruang isolasi tersebut memang dirancang khusus untuk menangani kasus-kasus infeksi yang membutuhkan penanganan terisolasi.

“Ruangan isolasi kubikel khusus dengan peralatan yang lengkap guna menangani pasien Monkeypox,” ujar Hendra dikutip dari Antara.

Ia berharap, dengan adanya ruang isolasi bisa memberikan penanganan maksimal bagi pasien yang terinfeksi. Selain itu juga mencegah penyebaran virus di masyarakat.

Pada 2023 lalu, RSHS Bandung menerima empat pasien suspek virus Monkeypox. Setelah dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur, hasilnya dua terkonfirmasi positif Monkeypox dan dua lainnya negatif.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: