Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Tahan Imbang Arab Saudi, Indonesia Berhasil Curi Satu Poin!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 06 September 2024 | 03:05 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di pertandingan pertama grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Merah Putih berhasil mencuri satu poin di kandang Arab Saudi.

Bermain di King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB, Indonesia mendapatkan tekanan dari tuan rumah sejak menit awal. 

Namun, Indonesia berhasil keluar dari tekanan Arab Saudi karena menerapkan pressing tinggi sehingga tuan rumah tidak bisa mengembangkan permainan. 

Sebaliknya, Indonesia bermain dengan tempo dan berusaha menyerang lini belakang Green Falcons. Usaha ini pun berbuah hasil pada menit ke-19 skuad merah putih mampu mencetak gol lewat sepakan Ragnar Oratmangoen.

Gol ini berawal dari Witan Sulaeman yang lolos dari jebakan offside kemudian memberikan umpan tarik kepada Ragnar dan kemudian ia melepaskan sepakan keras membentur Sandy Walsh. Mohammed Al Owais pun tak bisa membendung, sehingga skor 1-0 bagi Indonesia.

Walau sudah unggul, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali Ragnar mengancam bersama Witan dan Rafael Struick. Namun belum ada peluang yang bisa dikonversi menjadi gol kedua bagi Indonesia.

Sejak memasuki menit ke-30, Arab Saudi mulai menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, Arab Saudi akhirnya bisa mencetak gol di akhir babak pertama sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut dicetak oleh Musab Al Juwayr yang di mana sepakan kerasnya membentur Calvin Verdonk sehingga bola berubah arah dan Maarten Paes tak bisa membendungnya. Skor 1-1 menutup babak pertama antara Arab Saudi vs Indonesia.

Di babak kedua, Arab Saudi melakukan beberapa perubahan pemain. Sejak peluit babak kedua dimulai, anak asuh Roberto Mancini itu menguasai jalannya pertandingan dan mengurung lini pertahanan Indonesia.

Beberapa peluang coba diciptakan. Tapi, Jay Idzes masih bisa menggagalkan dengan baik. Indonesia juga melakukan beberapa pergantian pemain untuk memperkuat lini serangan guna mencari poin.

Arab Saudi menyerang lini pertahanan Indonesia. Bahkan Arab Saudi mendapatkan penalti di menit ke-77 usai Maarten Paes membuat blunder gagal menguasai bola sehingga menjatuhkan pemain Arab Saudi.

Maarten Paes membayar tuntas dengan menggagalkan eksekutor pemain Arab Saudi Salem Al Dawsari. Skor pun masih imbang 1-1.

Pertandingan semakin berjalan menarik, Indonesia terus ditekan. Bahkan, permainan keras pun tak bisa dihindari dikarenakan permainan berjalan cepat.

Maarten Paes benar-benar diuji penampilan perdananya. Ia berhasil menggagalkan peluang demi peluang yang diciptakan oleh Arab Saudi. Kiper FC Dallas itu menampilkan aksi penyelamatan yang luar biasa.

Indonesia mengancam sekali lewat serangan balik yang dilakukan oleh aksi Shayne Pattynama hasil kerja sama dengan Nathan Tjoe-A-On. Tapi, Ragnar dan Rafael kehilangan momentum sehingga bisa digagalkan oleh pemain Arab Saudi.

Di babak injury time 90+3, Maarten Paes menggagalkan peluang. Setelah Feras Al Brikan lepas dari jebakan offside dan melakukan solo run dan saat berhadapan satu lawan satu, Paes berhasil menepis sehingga bola tak masuk ke gawang Indonesia.

Hingga wasit meniup peluit akhir menandakan babak kedua berakhir, skor 1-1 tidak berubah. Indonesia pun berhasil mencuri satu poin dari kandang Arab Saudi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: