Debut Manis Bersama Timnas Indonesia, Maarten Paes ‘Terbang’ Gagalkan Peluang Arab Saudi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 06 September 2024 | 03:45 WIB
Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes. (Foto/PSSI).
Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Kiper Maarten Paes menjalani debut bersama dengan Timnas Indonesia dan bermain gemilang. Di bawah mistar gawang, dia tampil menawan untuk mengawal lini pertahanan Indonesia dari serangan Arab Saudi.

Diketahui, Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di pertandingan pertama grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Merah Putih berhasil mencuri satu poin di kandang Arab Saudi.

Gol diciptakan oleh Ragnar Oratmangoen di menit ke-19 dan disamakan oleh Arab Saudi pada menit ke 45+3 lewat Musab Al Juwayr.

Lini pertahanan Indonesia diserang terus menerus oleh Arab Saudi. Semisalnya di babak kedua, Jay Idzes dan kawan-kawan seperti kehilangan fokus sehingga membuat Arab Saudi bermain nyaman mengurung Indonesia.

Bahkan, di menit ke-77 Maarten Paes membuat blunder di dalam kotak penalti. Ya, kiper FC Dallas ini gagal melepaskan sepakan dan direbut oleh Feras Al Brikan, kemudian terjatuh usai kaki dari Paes menyentuh kaki kiri pemain Arab Saudi itu.

Wasit menunjuk titik putih bagi Arab Saudi. Akan tetapi Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangan Salem ke arah kiri mampu dibaca dengan baik oleh Maarten Paes sehingga gawang Indonesia masih selamat dari kebobolan.

Tidak sampai disitu, di menit 90+3, Maarten Paes kembali menjadi tembok yang kokoh bagi pertahanan Indonesia. Peluang dari Feras Al Brikan mampu digagalkan oleh Paes usai berhadapan satu lawan satu di dalam kotak penalti.

Tentunya, pertandingan ini menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi Maarten Paes karena mampu membantu Indonesia mencuri satu poin di kandang Arab Saudi.

Sebelumnya, Maarten Paes sempat dinyatakan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi. Ia harus absen karena tidak didaftarkan untuk pertandingan melawan Arab Saudi.

Maarten Paes tidak bisa didaftarkan, karena proses perpindahan federasi Paes di FIFA baru selesai pada 18 Agustus lalu.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: