Alokasi Anggaran Pendidikan Tidak Tepat Dilaksanakan, Pimpinan MPR Dorong Lakukan Hal Ini

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 08 September 2024 | 09:30 WIB
Sejumlah pelajar saat di sekolah. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Sejumlah pelajar saat di sekolah. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong evaluasi perencanaan anggaran pendidikan harus segera dilakukan. Supaya alokasi dana yang sudah dianggarkan negara dapat memenuhi kebutuhan sektor pendidikan di tanah air.

"Kami melihat permasalahannya ada karena perencanaan anggaran tidak menjadi acuan, pengalokasian anggaran pendidikan hanya sekadar memenuhi apa yang diamanatkan UU APBN. Kami kira ini ada masalah AM/FM dalam melihat kebutuhan di sektor pendidikan kita," ujar Lestari dalam keterangannya, dikutip Minggu (8/9/2024).

Terungkap, selama ini amanat undang-undang mengalokasikan 20% APBN untuk sektor pendidikan tidak dilaksanakan dengan baik dan alokasi anggaran yang ada tidak tepat sasaran. 

Lestari mengatakan, upaya pengawasan realisasi anggaran pendidikan harus konsisten dilakukan sampai tingkat terbawah. Sehingga efektivitas pemanfaatan anggaran yang terbatas bisa dimaksimalkan dengan baik. 

Menurut anggota Komisi X DPR RI ini, praktik pemanfaatan anggaran pendidikan yang tidak tepat sasaran kerap ditemukan diberbagai daerah. Maka, distribusi anggaran pendidikan di daerah harus diawasi dengan benar supaya sesuai dengan kebutuhan daerah bersangkutan.

"Sangat berharap pengawasan atas setiap pengalokasian anggaran menjadi perhatian kita bersama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi setiap anak bangsa," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: