Uji Coba Makan Bergizi Gratis Berlanjut, Heru Budi Berharap Ada Variasi

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 09 September 2024 | 19:00 WIB
Pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di salah satu TK di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di salah satu TK di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Budi Hartono menyatakan pemprov kembali menguji coba program makan bergizi gratis (MBG) untuk siswa SDN Manggarai 01 dan SMPN 03 Jakarta, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Heru mengatakan pihaknya menyediakan 1.500 paket makan bergizi gratis. Menu yang dihadirkan kali ini beragam. Menu pertama adalah nasi uduk komplet dengan semur, telur, orek tempe, pisang, dan air mineral. Menu kedua nasi putih, beef teriyaki, salad sayur, buah, dan air mineral.

"Makanan yang disediakan 1.500 paket yang disediakan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, yaitu PT Bank DKI dan Perumda Dharma Jaya," ujarnya dalam siaran pers Pemprov Jakarta pada Senin.

Dua paket makanan itu mengandung kalori sekitar 450-500 kilokalori (kkal) seharga Rp 20.000 dan Rp 25.000 per paket. 

Pengemasan paket makanan juga aman karena menggunakan wadah food grade yang ditandai logo tara pangan pada kemasan sehingga aman digunakan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi Perumda Dharma Jaya dan Bank DKI untuk penyediaan menu MBG hari ini. Semoga akan makin banyak lagi para siswa yang dapat menikmati program ini,” kata Heru.

Selama program ini berjalan, menurut dia, perlu dilakukan penyesuaian porsi dan jenis makanan sesuai jenjang sekolah, yakni TK, SD, dan SMP.

“Kami sudah satu bulan penuh melaksanakan uji coba makan gratis. Rata-rata siswa suka dengan menunya dan menghabiskan makanannya. Yang menjadi perhatian kami, siswa kelas 1 dan 2 SD, juga TK harus dicarikan menu yang disukai mereka. Makanannya harus habis. Kalau tidak habis, asupan kalori gizi yang tersedia di makanan percuma,” terangnya.

Pemprov DKI bersama Perumda Dharma Jaya mencari pola untuk pelaksanaan uji coba MBG. 

Terutama untuk pelaksanaan uji coba MGB di SMA pekan depan dan uji coba serentak se-Jakarta khusus tingkat SD yang dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dirut Dharma Jaya yang telah membantu kita mencari pola menu makanan bergizi yang harus dimakan anak didik kita. Kita sedang mencari pola, kalau nanti ini dilaksanakan serentak se-Jakarta khusus SD dulu. Polanya bagaimana, sehingga makanan sampai di tempat tetap terjaga kalori gizinya,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan orang tua murid SMP Manggarai 03, Ira berharap kegiatan MBG dapat dilaksanakan secara rutin, paling tidak seminggu sekali. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Heru beserta Perumda Dharma Jaya yang telah memberikan makanan bergizi gratis kepada anak-anak kami. Mereka semakin semangat belajarnya. Kami harapkan kegiatan ini bisa rutin diadakan seminggu sekali,” katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: