Festival Budaya Indonesia Perkuat Hubungan RI-Peru

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 11 September 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi Festival Budaya Indonesia (Foto/Kemenlu)
Ilustrasi Festival Budaya Indonesia (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Festival Budaya Indonesia diselenggarakan di Parque Kennedy, Lima, Peru sebagai rangkaian The Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum (INA-LAC) 2024.

Festival kebudayaan ini diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bekerjasama dengan KBRI Lima, berlangsung meriah dan diramaikan oleh berbagai kalangan masyarakat kota Lima, Peru.

Warga lokal antusias menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia, mulai dari Tari Saman, Tari Aceh Ratoeh Jaroe, Tari Jejer Banguwangi, Tari Bajidor Kahot dan Tari Bhinneka yang dibawakan oleh Kelompok Ayodya Pala, lagu daerah hingga parade pakaian Nusantara.

Musisi etnis ternama asal Bali, Balawan dan groupnya  juga menampilkan sejumlah lagu daerah, seperti Jali-Jali dan Bengawan Solo, serta melakukan demonstrasi cara memainkan Gamelan dan Kotekan Bali.

Festival Budaya Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Peru, Ricky Suhendar, bersama Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu, Umar Hadi.  Sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat tinggi Peru, termasuk kalangan diplomatik asing, turut menghadiri Festival ini, antara lain yaitu Walikota Miraflores, Carlos Canales​, Dirjen Asia dan Oceania Kemlu Peru, Duta Besar negara-negara sahabat, serta Miss Peru dan Miss World Peru 2024, yang hadir secara khusus untuk memeriahkan acara tersebut.

“Festival Budaya Indonesia ini merupakan bagian dari kegiatan Forum Bisnis Indonesia dan Amerika Latin dan Karibia atau Indonesia-Latin America and the Caribbean (INALAC) Business Forum 2024 di Peru, khususnya untuk promosikan budaya dan pariwisata Indonesia," kata Dubes Ricky Suhendar.

"Kita ingin membawa suasana Indonesia lebih dekat ke masyarakat Peru. Seni dan budaya menjadi jembatan perekat yang sangat efektif dalam mendekatkan hubungan masyarakat Indonesia dan Peru. Harapan kita ke depan, semakin banyak warga negara Peru yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Indonesia," ujar Dubes Ricky.

Dirjen Asia dan Oceania Kemenlu Peru Fernando Julio Quiros Campos mengatakan, Festival Budaya dan Kuliner Indonesia di Lima ini merupakan simbol dan bukti persaudaraan yang kuat antara Indonesia dan Peru.  

"Saya juga senang Peru dipilih menjadi tempat pertama kalinya diselenggarakan INALAC Business Forum di luar Indonesia," ujarnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: