Kata Jokowi soal Tudingan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 11 September 2024 | 08:27 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (BeritaNasional/Elvis).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal dugaan gratifikasi putranya Kaesang Pangarep terkait penggunaan jet pribadi saat pergi ke Amerika Serikat bersama Erina Gudono.

Jokowi bilang, semua warga negara Indonesia sama di mata hukum. 

"Ya semua warga negara sama di mata hukum ya, itu aja," ujar Jokowi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya pihak yang melaporkan Kaesang dan menantu Jokowi sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Laporan tersebut terkait dugaan gratifikasi fasilitas jet pribadi. Meski demikian, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan pengusutan kasus tersebut bukan ditangani Direktorat Gratifikasi.

Tessa mengatakan dugaan gratifikasi tersebut sedang ditangani Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM) KPK.
"Direktorat Gratifikasi hanya mendukung dengan bahan-bahan yang sudah pernah dikumpulkan ke Direktorat PLPM," ujar Tessa.
Menurutnya, dugaan gratifikasi dua anak Jokowi itu masih dalam tahap telaah. Akan tetapi, ia tak bisa membicarakan hal tersebut.

"Ya tahapan terkait isu tersebut masih berada di PLPM ya, masih di penelaahan,” tuturnya.

“Saya tidak bisa membuka secara gamblang bagaimana prosesnya, siapa yang dipanggil, pengumpulan datanya seperti apa, karena sifatnya rahasia," imbuhnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: