PKB: Prabowo Spiritnya Ingin Merangkul Semua

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 12 September 2024 | 06:39 WIB
Prabowo dinilai spiritnya ingin merangkul semua pihak (Beritanasional/Panji)
Prabowo dinilai spiritnya ingin merangkul semua pihak (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda menanggapi wacana pertemuan antara Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan. Huda melihat memang Prabowo semangatnya ingin merangkul seluruh kekuatan politik.

"Kalau dari statement gestur dan spiritnya, Pak Prabowo ingin merangkul semuanya," ujar Huda kepada wartawan, dikutip Kamis (12/9/2024).

Namun Huda tidak berandai-andai apakah merangkul itu dalam makna PDI Perjuangan akan diajak masuk pemerintahan mendatang. PKB mempercayakan keputusan kepada Prabowo.

"Saya tidak tahu persis, merangkul itu definisinya semua masuk partai atau gimana. Termasuk PDIP atau tidak, itu kewenangan Pak Prabowo," kata Huda.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pertemuan tersebut bisa terjadi dalam waktu dekat.

"Insya Allah akan terjadi. Mudah-mudahan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/8/2024).

Muzani menjamin pertemuan antara Megawati dan Prabowo itu digelar sebelum pelantikan presiden RI kedelapan.

"Pokoknya, Insya Allah terjadi sebelum pelantikan," katanya.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengonfirmasi akan ada pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Puan memberikan sinyal pertemuan itu, salah satunya, membahas peluang kerja sama koalisi PDIP dengan Prabowo.

"Silaturahmi penting, akan ada pertemuan, Insya Allah iya. Bahwa akan ada pembicaraan ke situ (koalisi), kita tunggu saja," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Ketua DPR ini tidak ingin berandai-andai apakah nanti pertemuan membahas peluang PDI Perjuangan masuk kabinet Prabowo-Gibran. Puan menyebut pertemuan Megawati dengan Prabowo merupakan silaturahmi biasa karena sudah sering bertemu dengan ketua umum Partai Gerindra itu.

"Masih terlalu jauh dan komunikasi sudah kita lakukan. Kan saya juga sering ketemu Prabowo di acara-acara Pak Prabowo. Jadi, ya selalu berkomunikasi, selalu bersilaturahmi," kata Puan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: