Kata Menpora soal Banyaknya Penonton Tanpa Tiket Terobos Masuk saat Indonesia vs Australia

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 12 September 2024 | 13:40 WIB
Menpora Dito Ariotedjo. (BeritaNasional/Elvis).
Menpora Dito Ariotedjo. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bicara soal banyaknya suporter Timnas Indonesia yang tidak memiliki tiket tapi bisa masuk ke dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Menurut Dito, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia sudah melakukan langkah konkret untuk mencegah hal tersebut agar tidak terulang lagi dalam laga kandang Timnas selanjutnya.

"Ini tapi ke depan kemarin PSSI juga sudah press conference bagaimana ke depan ada evaluasi mengenai proses masuknya penonton dan juga bagaimana ada evaluasi proses sistem pengamanan," ujar Dito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/8/2024).

Dito tak memungkiri, antusiasme pendukung Timnas Indonesia sekarang ini sedang naik. Apalagi, dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia belum merasakan kekalahan alias bermain impresif.

"Saya rasa ini karena dikarenakan kemarin sebelumnya Indonesia melawan Arab Saudi ini bisa imbang Nah, imbang ini bukan menang tapi bukan kalah tapi ini merupakan sejarah bagi sepak bola Indonesia," ungkap Dito.

"Nah, itu kan mainnya di Arab ya dan dilanjutkan kemarin kualifikasinya kita menjadi tuan rumah dan ini melawan Australia dimana itu adalah salah satu tim yang unggul di piala dunia peringkat 24 (dunia)," imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta juga kepada semua pendukung Timnas Indonesia bisa memahami situasi dan kondisi yang ada. Misalnya, harus mengikuti tata cara masuk ke dalam stadion, hingga tidak memaksakan masuk jika tidak mempunyai tiket pertandingan. 

"Tapi yang saya harus sampaikan ke depan para antusias pendukung timnas kita harus pertama harus bersabar dan juga harus bisa mulai kita, ayo sama-sama disiplin dan mengikuti mekanisme tata cara masuk stadion yang sesuai dengan sudah disediakan. Itu karena berakibat agar semua orang mendapatkan haknya dan juga kursi yang nyaman," jelas Dito.

Sebelumnya, pertandingan Indonesia melawan Australia di SUGBK merupakan laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tercatat lebih dari 70.000 penonton hadir di SUGBK.

Bahkan, viral di media sosial yang menampilkan banyak penonton memaksa masuk ke dalam SUGBK meskipun tidak memiliki tiket masuk.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: