Ranking FIFA Timnas Indonesia Diprediksi Naik ke Posisi 129

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 15 September 2024 | 13:13 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/instagram/maartenpaes).
Timnas Indonesia. (Foto/instagram/maartenpaes).

BeritaNasional.com - Peringkat FIFA Timnas Indonesia diperkirakan akan naik ke peringkat ke-129 setelah tidak mengalami kekalahan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada bulan September 2024 ini.

Diketahui, Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia menghadapi dua tim kuat yakni Arab Saudi dan Australia. Dalam pertandingan yang digelar di di King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1.

Lalu, saat bermain kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 September 2024, Timnas Indonesia menahan imbang Australia dengan skor 0-0. Tentunya hasil ini positif karena dari dua laga yang dimainkan Indonesia belum mengalami kekalahan.

Dari kedua pertandingan ini, Indonesia berhasil mengumpulkan dua poin, yang menempatkan mereka di posisi keempat dalam klasemen sementara Grup C. 

Hasil imbang ini tidak hanya menguntungkan dalam hal poin klasemen tetapi juga berkontribusi pada peningkatan mereka dalam peringkat FIFA meskipun tidak meraih kemenangan.

Dua hasil imbang melawan tim-tim yang berperingkat lebih tinggi di FIFA, yaitu Arab Saudi di posisi 56 dan Australia di posisi 24, cukup memberikan dorongan poin yang signifikan. 

Melihat laman football-ranking.com, Timnas Indonesia mendapat tambahan 15,44 poin dari dua laga tersebut. Peningkatan ini akan mendorong posisi Indonesia dari peringkat 133 menjadi 129 di daftar peringkat FIFA, yang akan diperbarui pada tanggal 19 September 2024.

Tentunya Timnas Indonesia masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki peringkat apabila mencuri poin dari pertandingan melawan Bahrain dan China di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Oktober mendatang.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: