Segera Diresmikan, Tol Jogja-Solo Jadi Penghubung Jawa Tengah dan Yogyakarta

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 16 September 2024 | 21:30 WIB
Jalan tol Cikampek Utama. (BeritaNasional/Elvis).
Jalan tol Cikampek Utama. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - PT Jasa Marga Jogja Solo mengumumkan tol Jogja-Solo segmen Kartasura–Klaten segera dioperasikan. Namun, kepastian soal tanggal peresmian tol tersebut belum diketahui

‘’Kami akan segera menginformasikan tanggal resmi pengoperasian ruas tol ini. Nantikan update selanjutnya,’’ tulis pihak Jasa Marga Jogja Solo melalui keterangannya yang dikutip dari Instagram resmi pada Senin (16/9/2024).

Sementara itu, Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menyatakan tol Jogja-Solo diharapkan mampu meningkatkan konektivitas antara Yogyakarta dan Jawa Tengah serta berperan penting dalam mendukung perekonomian lokal.

"Tol ini akan mempercepat perjalanan antara Yogyakarta dan Klaten, mempermudah akses ke berbagai wilayah, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sepanjang koridor tol,” ujar Rudy dalam keterangannya pada Senin.

Menurut dia, tol Jogja-Solo turut menghadirkan konektivitas baru dari Transjawa menuju Klaten dan Surakarta yang memiliki panjang total 96,57 km dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Proyek ini bertujuan memperlancar distribusi barang dan jasa, mengembangkan industri dan pariwisata, serta memperkuat konektivitas di Pulau Jawa.

Tol ini juga menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di jalur nasional, seperti di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Dengan melewati tol ini, waktu tempuh dari Klaten ke Gerbang Tol Colomadu bisa dipangkas menjadi hanya 25 menit.

Sebelumnya, Jalan Tol Jogja-Solo juga berperan penting selama periode mudik dan balik Lebaran 2024.

Selama periode ini, lebih dari 109.000 kendaraan memanfaatkan jalur fungsional tol ini, dengan volume lalu lintas tertinggi mencapai 15.237 kendaraan dalam satu hari.

Tol ini menjadi jalur alternatif yang signifikan untuk menghindari kemacetan di sepanjang jalur nasional.

Jasa Marga Jogja Solo juga menyampaikan sebagian konstruksi Jalan Tol Joja–Solo tahap 1 segmen Kartasura–Klaten sepanjang 22,3 km telah selesai.

Tol ini siap dioperasikan agar dapat segera memberikan manfaat nyata bagi pengguna jalan dan mendukung konektivitas lintas wilayah.

''Dengan terus memperkenalkan berbagai manfaat dari proyek infrastruktur strategis seperti Jalan Tol Jogja-Solo, Jasa Marga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan solusi inovatif bagi masyarakat, sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,'' tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: