Seekor Penguin Juarai Kontes Burung Bergengsi

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 18 September 2024 | 05:00 WIB
Penguin juarai kontes burung (Foto/Pixabay)
Penguin juarai kontes burung (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Seekor penguin bermata kuning yang terancam punah, berhasil menjuarai kontes burung bergengsi di Selandia Baru. Penguin ini bau, pemalu, dan berisik.

Penguin itu bernama Hoiho, jenis penguin bermata kuning. Satwa langka itu sukses memenangkan kontes burung yang berlangsung sengit di negara itu.

Kemenangan itu bisa memberikan harapan kepada para pendukung burung yang terancam punah. Pengakuan atas kemenangannya dapat mendorong kebangkitan kembali spesies tersebut.

Lebih dari 50.000 orang berpartisipasi dalam jajak pendapat ini, jumlah yang 300.000 lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. 

Saat itu, pembawa acara asal Inggris, John Oliver, melakukan kampanye jenaka untuk pūteketeke, dengan menyebutnya sebagai burung yang sangat aneh. Sebab satwa itu memakan dan memuntahkan bulunya sendiri. Ternyata kampanye itu membuahkan kemenangan telak.

Dikutip dari VOA, jumlah suara yang diberikan setara dengan 1 persen dari populasi Selandia Baru. Negara tersebut memang dikenal dengan lingkungan alamnya yang terjaga dan di mana kecintaan terhadap burung asli telah ditanamkan pada warganya sejak dini.

Pemenang tahun ini, Hoiho yang namanya berarti "si tukang teriak" dalam bahasa Maori. Satwa ini hanya ditemukan di Kepulauan Selatan Selandia Baru dan Chatham, serta di pulau-pulau subantartika di selatan negara itu. Sayangnya, jumlahnya anjlok hingga 78 persen dalam 15 tahun terakhir.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: