Daftar Ketua dan Wakil Ketua Harian PKB, Isinya Anak Muda

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 18 September 2024 | 14:29 WIB
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat mengumumkan susunan kepengurusan. (Foto/PKB).
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat mengumumkan susunan kepengurusan. (Foto/PKB).

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengumumkan struktur pengurus partai periode 2024-2029. PKB menambah jabatan ketua dan wakil ketua harian DPP PKB. Jabatan itu diisi oleh kader dari kalangan gen Z dan milenial.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menunjuk Ais Shafiyah Asfar sebagai ketua harian DPP PKB. Ais merupakan kader muda berusia 23 tahun yang juga kandidat Doktor Universitas Airlangga dan lulusan S1 dan S2 Cardiff University Inggris.

"Ais ini juga adalah calon legislatif PKB terpilih di DPRD Surabaya, Kota. Kita tarik ke Jakarta," ujar Cak Imin saat konferensi pers di kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Posisi ketua harian akan bertugas membantu mengorganisir dan mengelola DPP PKB.

"Ketua Harian ini berfungsi langsung mengambil tanggung jawab pengorganisasian dan implementasi program mewakili Ketua Umum sehari-hari. Jadi kalau Ketua Harian melaksanakan tugas harian, maka Ketua Umum bertanggung jawab kepada seluruh program secara umum," jelas Cak Imin.

PKB juga mengisi posisi wakil ketua harian dijabat oleh Najmi Mumtaza Rabbani. Ia adalah Kapten Ubah Bareng Jabodetabek dan Jubir Timnas Amin pada Pilpres 2024. Najmi masih berusia 27 tahun.

Cak Imin juga menunjuk Riezal Ilham Pratama sebagai wakil ketua harian. Ia merupakan Sarjana Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad Bandung dan berpengalaman sebagai ketua BEM FISIP Unpad 2029. Riezal berusia 26 tahun.

Serta, Gielbran Muhammad Noor yang merupakan masih mahasiswa Fakultas Peternakan UGM yang masih berusia 23 tahun.

Selanjutnya ada Nadya Alfi Roihana sebagai wakil ketua harian. Ia merupakan S2 Psikologi pada usia 28 tahun.

Berikut di posisi wakil ketua harian, stand up komedian berusia 24 tahun Muhammad Aji Pratama, dan Lukman Maulana yang merupakan lulusan S2 Fakultas Ekonomi Bisnis UI yang berusia 29 tahun.

"Kita berharap dengan Ketua dan Wakil Harian yang masih muda usianya, mereka ini mengalami seleksi panjang dari berbagai daerah. Ada yang belum berpartai sama sekali, Ada yang masih mahasiswa, Ada yang sudah mencoba partai-partai, Ada yang sudah memang PKB dari awal," jelas Cak Imin.

Wakil Ketua Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan visi PKB merekrut anak muda terbukti dalam susunan pengurus baru ini. SK Kepengurusan PKB juga sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

"Yang jelas pengurus DPP PKB sudah terdaftar di Menkumham dan memang kalau ada perubahan itu biasa revisi-revisi. Yang jelas, visi PKB merekrut anak muda hari ini dibuktikan dan akan terus dijalankan," ujar Jazilul.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: