Si Doel Senang Elektabilitas Bagus di Survei Pilgub Jakarta Terbaru

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 19 September 2024 | 20:45 WIB
Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung (kanan) dan calon Wakil Gubernur Rano Karno Jakarta (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung (kanan) dan calon Wakil Gubernur Rano Karno Jakarta (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno mengatakan, pihak rivalnya harus khawatir dengan hasil survei Pilgub Jakarta yang baru dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Sebab, elektabilitas Pramono Anung dan Rano Karno sudah mencapai angka 26 persen bila ditotalkan.

"Barangkali kalau timbul kekhawatiran itu bukan di kita ya hasil survei itu, tapi mungkin tetangga sebelah," katanya di Simpang Semanggi, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Apalagi Pramono-Rano baru bekerja dua pekan blusukan di Jakarta. Rano bersyukur elektabilitasnya cukup baik di tahap awal.

"Karena kita baru kerja dua Minggu, mereka barangkali sudah hampir empat bulan. Jadi betul-betul kita ya tentu survei ini menjadi satu pegangan kita sehingga kita tau daya jangkau kita," kata aktor yang dikenal dengan Si Doel ini.

Rano pun berkelakar bahwa elektabilitasnya yang baik ini memperlihatkan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilgub Jakarta.

"Itu luar biasa bisa dua digit dalam waktu seminggu, saya ngerinya seminggu lagi udah closing nih. Makanya itu Ahok ngajak kita ke tempat crossing ini, ini ada makna nih. Jadi sekali lagi kita sangat apresiasi bahwa kerja keras dan sambutan masyarakat itu membuat kita semakin kuat," pungkasnya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei bertajuk 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta' pada Rabu (18/9/2024). Survei ini membeberkan kondisi politik Jakarta menjelang Pilgub 2024.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas paling tinggi dibandingkan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) lainnya dengan angka 44 persen.

Selanjutnya, Rano Karno berada di posisi kedua dengan 16 persen dan diikuti oleh Pramono Anung di urutan ketiga dengan 10,5 persen.

Kemudian, Dharma Pongrekun di urutan keempat dengan 1,5 persen dan Kun Wardana di 0,4 persen. Terakhir, ada Suswono dengan 0,2 persen.

"Kalau kita tanyakan enam nama kandidat baik cagub maupun cawagub, Ridwan Kamil pada posisi 44 persen. Menariknya, posisi kedua bukan Pramono Anung. Di posisi kedua adalah Rano Karno, wakilnya Pramono Anung," kata Djayadi dalam paparannya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: