Puncak Musim Hujan di Indonesia Barat Diprediksi Terjadi November-Desember 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 22 September 2024 | 13:30 WIB
Ilustrasi cuaca hujan di wilayah Indonesia bagian barat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ilustrasi cuaca hujan di wilayah Indonesia bagian barat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi puncak musim hujan di Indonesia bagian barat pada November hingga Desember 2024.

Hal itu dikatakan Plt Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring pada Kamis (19/9/2024).

Wilayah yang mengalami puncak musim hujan pada November-Desember 2024, menurut dia, adalah 303 zona Musim atau 43,4 persen dari total zona musim yang meliputi Pulau Sumatera, pesisir selatan Jawa, dan Kalimantan.

Namun, terdapat 250 zona musim atau 35,8 persen dari zona musim yang diprediksi mengalami puncak musim hujan pada Januari-Februari 2025, yaitu meliputi Lampung, Pulau Jawa bagian utara, sebagian kecil Pulau Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sebagian besar Papua.

Dwikorita berharap masyarakat dapat memitigasi potensi bencana hidrometeorologi dengan cara terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dan iklim BMKG yang disampaikan melalui berbagai kanal, mulai dari media sosial hingga media massa.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi selama musim hujan," ujar Dwikorita.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menjelaskan musim hujan datang lebih awal yang disebabkan antara lain oleh kondisi suhu muka laut Indonesia yang saat ini terpantau cukup hangat.

"Kalau kita lihat di wilayah Indonesia ini kondisi suhu muka lautnya cukup hangat. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan mayoritas daerah zona musim memasuki awal musim hujannya lebih awal," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: