Paus Fransiskus Tawarkan Perlindungan untuk Aung San Suu Kyi di Vatikan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 25 September 2024 | 22:30 WIB
Paus Fransiskus tawarkan perlindungan untuk Aung San Suu Kyi (Beritanasional/Oke Atmaja)
Paus Fransiskus tawarkan perlindungan untuk Aung San Suu Kyi (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus menawarkan untuk memberikan perlindungan bagi mantan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi yang saat ini ditahan rezim militer. Suu Kyi bisa mendapatkan perlindungan di Vatikan. 

Media Italia melaporkan, Paus Fransiskus menyerukan pembebasan mantan pemimpin Myanmar dan penerima Nobel Perdamaian yang ditahan, Aung San Suu Kyi. Vatikan juga menawarkan suaka untuk anak lelaki Aung San Suu Kyi. 

"Vatikan merupakan tempat yang aman," kata Paus.

"Saya meminta pembebasan Aung San Suu Kyi dan siap menerima putranya di Roma. Saya menawarkan perlindungan di Vatikan dan akan menerimanya di wilayah kami,” tambah Paus.

Dikutip dari DW, Suu Kyi telah ditahan oleh militer sejak pemerintahannya digulingkan dalam kudeta tahun 2021. Tidak jelas di mana wanita berusia 78 tahun itu di mana.

"Masa depan (Myanmar) harus berupa perdamaian, berdasarkan penghormatan terhadap martabat dan hak semua orang, penghormatan terhadap tatanan demokrasi yang memungkinkan setiap orang berkontribusi demi kebaikan bersama,” kata Paus dikutip dari Spadaro.

Suu Kyi merupakan putri pahlawan kemerdekaan Myanmar Aung San, yang mengenyam pendidikan di Inggris dan telah dipenjara di Myanmar selama total 27 tahun. Dia dipenjara dengan berbagai tuduhan, mulai dari pengkhianatan, penyuapan juga pelanggaran undang-undang telekomunikasi dan manajemen bencana. Namun Suu Kyi menolak semua tuduhan itu. Saat ini Myanmar dikuasai oleh junta militer.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: