Di Hadapan Komisi I DPR, Prabowo Ingatkan Bahaya Perang Dunia ke-3

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 25 September 2024 | 16:35 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat rapat kerja dengan Komisi I DPR. (BeritaNasional/Elvis).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat rapat kerja dengan Komisi I DPR. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengingatkan bahaya akan terjadinya perang dunia ke-3. Begitu dikatakan Prabowo saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI.

Selaku Menteri Pertahanan, Prabowo hadir untuk mendengarkan pandangan dan pengambilan keputusan tingkat I Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang kerja sama pertahanan Indonesia dengan lima negara.

"Saya berterima kasih atas kerja keras Komisi I sehingga kita hari ini bisa menyelesaikan pembahasan tentang kelima RUU ini," ujar Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Disebutkan Prabowo, saat ini situasi geopolitik semakin panas dan sedang tidak baik-baik saja. Ia berbicara mengenai ketegangan yang sangat runcing di berbagai belahan dunia.

"Situasi dunia saat ini dalam keadaan yang tidak baik-baik saja, yang sebenarnya adalah suatu ketegangan yang sangat runcing. Di belahan dunia yang masih jauh tapi berpengaruh ke seluruh dunia," jelas Prabowo. 

Menurut Prabowo, beberapa pakar pertahanan pun menilai kondisi sekarang ini mendekati kemungkinan terjadinya perang dunia ke-3.

"Bahkan para pakar-pakar pertahanan dan strategi dunia mengatakan bahwa kita berada dalam kondisi yang sangat mendekati kemungkinan pecahnya perang dunia ke-3," tutur dia.

Lebih jauh, Presiden terpilih ini menuturkan jika perang dunia ke-3 terjadi maka seluruh dunia akan terdampak termasuk juga dengan Indonesia. Sehingga, Prabowo menyatakan alangkah baiknya akan terus mengedepankan negosiasi bersama negara lain mengingat Indonesia berprinsip negara non-blok.

"Kita mengerti kalau pecah perang dunia ke-3 akan terjadi perang nuklir. Alhamdulillah tradisi Indonesia adalah sebagai negara non blok, yang tidak mengikuti blok mana pun, di sini kita pertahankan," tegas Prabowo.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: