Prabowo Puji Pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Dilakukan Tanpa Kekerasan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 25 September 2024 | 17:07 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan komentarnya terkait pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mehrtens setelah disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. 

Philip diketahui dibebaskan oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024. Prabowo mengaku bersyukur pembebasan tersebut diselesaikan tanpa adanya kekerasan.

"Ya kita bersyukur ya, tentu saja penyelesaian yang baik tanpa kekerasan," ujar Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Menurut Prabowo pembebasan Philip tersebut berkat andil dari semua pihak yang terlibat. Karena itulah dia memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan semua pihak dalam pembebasan pilot Susi Air tersebut.

"Ini akibat kerja sama yang baik dari semua unsur," jelas Prabowo.

Sebelumnya diketahui, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya berhasil dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua, Sabtu (21/9/2024).

Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengatakan bahwa selama ini mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan pilot tersebut.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2024)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: