Hong Kong Sambut Sepasang Panda Raksasa Baru, Hadiah dari China

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 27 September 2024 | 20:30 WIB
Sepasang panda raksasa (Foto/Pixabay)
Sepasang panda raksasa (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Hong Kong menyambut sepasang panda raksasa baru yang dihadiahkan oleh Beijing dengan sebuah upacara mewah. Kedatangan panda itu diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata kota tersebut.

An An dan Ke Ke adalah pasangan panda raksasa ketiga yang dikirim ke kota tersebut dari daratan China sejak bekas jajahan Inggris itu kembali ke pemerintahan China pada 1997. 

Kedua panda itu dikirim ke Hong Kong setelah tetangga baru mereka, Ying Ying, melahirkan dan jadi ibu panda pertama yang tertua di dunia yang pernah tercatat.

Dengan tambahan beruang baru, si kembar, dan ayah mereka, Le Le, Hong Kong kini menjadi rumah bagi enam ekor panda.

Kepala Eksekutif John Lee mengatakan, An An adalah seekor panda jantan berusia 5 tahun yang lincah, cerdas dan aktif. Sedangkan Ke Ke, seekor panda betina berusia 5 tahun, pandai memanjat, lucu, dan memiliki temperamen yang lembut.

Dua ekor panda pendatang baru itu akan menjalani karantina selama dua bulan dan beradaptasi dengan rumah barunya di Ocean Park, kebun binatang dan akuarium yang telah lama menjadi favorit warga dan wisatawan. 

Lee berharap, masyarakat dapat bertemu dengan beruang baru tersebut pada pertengahan Desember.

Dikutip dari VOA, perwakilan industri pariwisata optimis mengenai dampak potensial dari menampung enam ekor panda, dan berharap hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung di Hong Kong. 

Para pejabat telah mendorong dunia usaha untuk memanfaatkan popularitas beruang baru dan bayi panda yang baru lahir untuk meraih peluang yang oleh beberapa anggota parlemen disebut sebagai “ekonomi panda”.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: