Aldila Sutjiadi dan Leylah Fernandez Melaju ke 16 Besar China Open 2024

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 29 September 2024 | 08:38 WIB
petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi dan Leylah Fernandez. (BeritaNasional/Doc. Tim Aldila)
petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi dan Leylah Fernandez. (BeritaNasional/Doc. Tim Aldila)

BeritaNasional.com -  Setelah berhasil meraih tiga medali emas di PON XXI 2024, petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi, segera melanjutkan perjuangannya di turnamen internasional. Berpasangan dengan petenis asal Kanada, Leylah Fernandez, Aldila sukses melangkah ke babak 16 besar China Open 2024.

Dalam pertandingan pertama yang berlangsung pada Sabtu, 28 September 2024, Aldila dan Leylah yang berlaga di nomor ganda putri berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah, Guo Hanyu dan Jiang Xinyu, dengan skor 6-2, 7-6 (7). Pertandingan yang berlangsung selama 1 jam 30 menit itu berlangsung sangat seru dan ketat.

Aldila dan Leylah, yang baru pertama kali berpasangan, menunjukkan performa yang solid. Mereka menang cepat pada set pertama. Sementara itu, pada set kedua, pasangan tuan rumah yang mendapatkan dukungan penuh dari penonton tampil lebih agresif dan semangat. Meskipun sempat tertinggal, Aldila dan Leylah berhasil mengejar dan membalikkan keadaan.

"Kami berhasil mengalahkan mereka, dan ini merupakan awal yang sangat baik bagi kami," ungkap Aldila, dikutip dari keteranganya, Minggu (28/9/2024).

"Saya dan Leylah memiliki chemistry meskipun baru bermain bersama. Kami saling melengkapi di lapangan," tulisnya lebih lanjut.

Leylah Fernandez, petenis profesional berusia 22 tahun asal Kanada, mencuri perhatian dunia setelah mencapai final AS Terbuka 2021 pada usia 19 tahun, mengalahkan sejumlah pemain top seperti Naomi Osaka dan Aryna Sabalenka.

Kemenangan atas pasangan tuan rumah di babak awal China Open 2024 menjadi modal berharga bagi Aldila dan Leylah untuk melanjutkan ke babak berikutnya.

Pada babak kedua, mereka akan menghadapi unggulan kelima, pasangan petenis Italia Jasmine Paolini dan Sara Errani.

"Mereka adalah lawan yang kuat, tapi dengan kemenangan ini kami merasa percaya diri dan akan berusaha keras untuk menang dan terus melaju. Target kami adalah memenangkan turnamen ini," ujar Aldila.

Menjelang akhir 2024, Aldila dijadwalkan mengikuti sejumlah turnamen di Asia, dimulai dari Beijing (China Open), lalu Wuhan (masih berpasangan dengan Leylah), dan dilanjutkan ke Ningbo. Setelah itu, Aldila akan berlaga di WTA 500 Tokyo, Jepang, pada Oktober 2024.

Rangkaian turnamen Asia ini sangat penting bagi Aldila untuk meningkatkan peringkatnya. Ia mengalami penurunan peringkat dari posisi tertingginya, yaitu urutan ke-26 dunia pada 23 Oktober 2023, menjadi ke-45 dunia per 28 September 2024.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: