5 Tempat Wisata Asyik yang Wajib Dikunjungi saat ke Yogyakarta

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 01 Oktober 2024 | 20:30 WIB
Jeep lava tour Merapi di Yoyakarta (Beritanasional/Meta)
Jeep lava tour Merapi di Yoyakarta (Beritanasional/Meta)

BeritaNasional.com - Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan kekayaan budayanya, tradisi dan berbagai tempat wisata yang asyik dan menarik untuk dikunjungi. 

Mendengar nama kota Yogyakarta atau Jogja, yang terlintas dibenak kita pasti tidak lain adalah Malioboro. Namun sejatinya banyak sekali tempat wisata yang mengasyikkan yang bisa kita kunjungi lho selain Malioboro, apa saja?

1. Sendratari Ramayana Prambanan (Ramayana Ballet)

Sendratari Ramayana Prambanan merupakan pertunjukkan gabungan dari tari dan drama yang diangkat dari kisah Ramayana. Pertunjukkan ini biasanya diadakan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam 19.30-21.00. Pertunjukkan ini istimewa karena ada panggung terbuka yang dibangun menyatu dengan Candi Prambanan sebagai latar belakangnya sehingga pertunjukkan tampak megah dan eksotis. 

2. Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung bisa berkunjung ke Pantai Watu Lawang dari hari Senin-Minggu. Selain itu pantai ini juga buka 24 jam.

Pantai ini bersebelahan langsung dengan goa Watu Lawang yang biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara adat “Sadranan” atau “Nyadran”. Akses ke Pantai Watu Lawang bisa dilalui menggunakan kendaran pribadi. Fasilitas pantai ini juga sudah lengkap.


3. Jeep Lava Tour Merapi

Bagi yang menyukai wisata adrenalin dan tantangan ekstrem, Jeep Lava Tour Merapi bisa menjadi salah satu list destinasi wisata yang wajib dicoba. Jasa penyewaan mobil jeep disekitar Gunung Merapi melewati jalur bebatuan dan lava dingin yang yang ekstrem. Pengunjung diajak mengeksplorasi sisa letusan Gunung Merapi dari berbagai sudut dan menikmati keindahan alam sekitar.


4. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, perlu menempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan mobil. Tepi lautnya didominasi karang yang indah dengan pohon-pohon. pengunjung dapat menaiki gondola atau menyebrangi jembatan gantung utuk dapat menuju ke Pantai Timang yang terletak ditengah laut. Bagi pengunjung yang tidak ingin menyebrang ke Pulai Timang, terdapat gardu pandang yang bisa digunakan untuk foto-foto.


5. HeHa Sky View

HeHa Sky View merupakan tempat wisata di Yogya yang menyuguhkan pemandangan indah dan berbagai spot foto yang menarik dan lucu. Terletak diketinggian, HeHa Sky View memberikan pemandangan hamparan perbukitan, laut, dan gunung Merapi. Terdapat beberapa spot foto favorit seperti Sky Glass, gondola, dan balon udara, juga berbagai wahana seru yang bisa dinikmati.

(Dyah Ratna Meta Novia/Fadia Rahma Baitullah)sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: