Pemkot Cirebon: Produksi Perikanan Capai 4.292 Ton

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 01 Oktober 2024 | 22:00 WIB
Produksi perikanan capai 4.292 ton (Beritanasional/Pixabay)
Produksi perikanan capai 4.292 ton (Beritanasional/Pixabay)

BeritaNasional.com - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat jumlah produksi perikanan tangkap di daerahnya mencapai 4.292 ton dari Januari hingga awal Oktober 2024.

“Realisasi produksi perikanan tangkap di daerah kami sudah 102,21 persen atau sebanyak 4.292 ton sampai Oktober ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon Elmi Masruroh di Cirebon.

Elmi mengatakan, jumlah produksi itu berasal dari hasil tangkapan nelayan di Kota Cirebon, yang pergi melaut untuk mencari ikan ke wilayah perairan pantai utara (pantura) hingga perairan Kalimantan.

Ia mengatakan, hasil tangkapan tersebut cukup bervariasi seperti ikan-ikan berukuran besar maupun hewan laut lainnya yakni rajungan dan cumi-cumi, yang punya nilai ekonomi tinggi.

Produk laut dari nelayan di Kota Cirebon ini biasanya didistribusikan untuk menyuplai kebutuhan pasar lokal hingga nasional.

“Biasanya produksi perikanan tangkap dari Kota Cirebon, sudah dipasarkan ke pasar lokal dan nasional,” ujarnya.

Selain produksi DKP3 Kota Cirebon juga mencatat realisasi penarikan retribusi jasa usaha di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kejawanan saat ini sudah mencapai 68 persen dari target sebesar Rp 1,148 miliar.

Elmi menjelaskan, jumlah penerimaan retribusi di TPI Kejawanan Kota Cirebon dipastikan bertambah, karena para pengusaha atau pemilik kapal cukup tertib dalam membayarkan kewajiban tersebut.

“Jika pemilik kapal tidak membayarkan retribusi ini, kami bisa menahan surat rekomendasi untuk mendapatkan BBM bersubsidi,” katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: