Jill Biden Siap Hadiri Pelantikan Presiden Perempuan Meksiko Pertama

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 01 Oktober 2024 | 22:30 WIB
Presiden Perempuan Meksiko Pertama (Foto/X Claudia Sheinbaum)
Presiden Perempuan Meksiko Pertama (Foto/X Claudia Sheinbaum)

BeritaNasional.com - Meksiko baru saja memilih presiden perempuan pertama dalam sejarah negara itu. Para pakar mengatakan, Claudia Sheinbaum akan menghadapi serangkaian tantangan besar sewaktu menjadi pemimpin negara sekutu utama AS itu.

Dalam kemenangan telak, Claudia Sheinbaum yang berusia 61 tahun terpilih sebagai perempuan pertama dan keturunan Yahudi pertama yang memimpin Meksiko. Di negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik itu, kaum lelaki telah mendominasi politik sepanjang 200 tahun lebih sejarahnya.

Sheinbaum merupakan seorang ilmuwan iklim dan mantan wali kota Mexico City. Saat kampanye, ia mengusung janji akan melanjutkan kebijakan POresiden Meksiko  Andrés Manuel López Obrador.

Sebagai negara tetangga, AS akan mengirimkan wakilnya guna menghadiri pelantikan Sheinbaum sebagai presiden Meksiko.

Ibu Negara AS Jill Biden kini sudah tiba di Meksiko. Ia menghadiri pelantikan Claudia Sheinbaum sebagai presiden perempuan pertama Meksiko.

“Ada yang terasa istimewa malam ini. Ada rasa gembira melihat pelantikan presiden perempuan pertama Meksiko,” ujar Jill Biden.

“Joe dan saya, serta begitu banyak rakyat Amerika mendoakan yang terbaik untuknya dan menantikan kepemimpinannya,” katanya dikutip dari VOA.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: