Korban Keracunan Nasi Kotak Jadi 41 Orang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 01 Oktober 2024 | 23:00 WIB
Ilustrasi keracunan nasi kotak (Foto/The connexion)
Ilustrasi keracunan nasi kotak (Foto/The connexion)

BeritaNasional.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Jawa Barat menyatakan,jumlah korban keracunan massal di Desa Panyusuhan Kecamatan Sukaluyu, bertambah menjadi 41 orang. Diperkirakan jumlah korban akan naik, apalagi nasi kotaknya berjumlah 100 kotak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur dr Frida Laila Yahya di Cianjur mengatakan, jumlah warga yang mendapat pelayanan medis di Puskesmas Sukaluyu terus bertambah, 10 orang di antaranya anak-anak.

"Jumlah korban keracunan terus bertambah dari 26 orang menjadi 41 orang, empat orang di antaranya dirujuk ke RSUD Sayang Cianjur karena mengalami keracunan cukup parah, dan 10 orang lainnya merupakan anak-anak," katanya.

Ia memperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah karena keterangan dari keluarga yang menggelar tahlilan 100 hari meninggalnya anggota keluarganya, sudah membagikan sekitar 100 bungkus nasi kotak pada warga sekitar.

"Kami sudah meminta tenaga kesehatan untuk jemput bola menyisir rumah warga serta melakukan penanganan langsung. Jika warga mengalami keracunan parah, maka segera larikan ke puskesmas atau rumah sakit," kata Frida dikutip dari Antara.

Kepala Puskesmas Sukaluyu Nurul Hadie mengatakan, awalnya korban yang datang ke puskesmas dengan keluhan mual, pusing dan muntah hanya beberapa orang. Jumlahnya juga terus bertambah.

"Melihat ada warga yang datang dengan keluhan yang sama, kami langsung mengirim tenaga kesehatan ke perkampungan warga untuk memastikan dan ternyata banyak warga yang mengeluhkan hal sama setelah menyantap nasi kotak dari tahlilan," katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: