Korsel Peringatkan Korut agar Tak Pakai Senjata Nuklir

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 02 Oktober 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol memperingatkan, jika rezim Kim Jong Un di Korea Utara nekat menggunakan senjata nuklir untuk melawan Korsel, maka rezim tersebut akan hancur lebur.

Yoon mengatakan hal itu pada acara peringatan ulang tahun berdirinya angkatan bersenjata Korea Selatan. 

"Jika Korea Utara berusaha menggunakan senjata nuklir, mereka akan menghadapi respons militer kami yang tegas dan luar biasa," ujar Yoon saat berbicara di hadapan 5.300 anggota militer yang berkumpul di Pangkalan Udara Seoul.

"Hari itu akan menandai berakhirnya rezim Korea Utara," tambahnya. Ia menekankan kekuatan aliansi keamanan negara itu dengan Amerika Serikat, yang mengerahkan puluhan ribu tentara di Korea Selatan.

Dalam parade itu, Korea Selatan memamerkan rudal balistik terbesarnya Hyunmoo-5. Rudal tersebut mampu menghancurkan bunker bawah tanah. Ini merupakan pameran pertama kalinya.

Sebuah pesawat pengebom berat B-1B Amerika juga melakukan manuver udara diiringi oleh jet tempur F-15K untuk memperlihatkan kekuatan aliansi keamanan antara Seoul dan Washington.

Korea Utara mengecam penerbangan tersebut dalam sebuah pernyataan Wakil Menteri Pertahanan Nasional, Kim Kang Il, yang disiarkan oleh media milik pemerintah, KCNA.

Dikutip dari VOA, Militer Korea Utara akan terus memantau dengan saksama perilaku Korsel. Ia juga menekankan, militer Korut siap mempertahankan negara bersenjata nuklir tersebut secara menyeluruh.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: