Sultan B Najamudin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD 2024-2029

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 02 Oktober 2024 | 07:31 WIB
Sultan B Najamudin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD 2024-2029. (BeritaNasional/Elvis).
Sultan B Najamudin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD 2024-2029. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Sultan B Najamudin resmi dilantik jadi Ketua DPD RI periode 2024-2029 setelah menjalani proses pemilihan secara voting dalam rapat Paripurna DPD RI.

Kubu Sultan Najamudin dengan GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung sebagai calon wakil ketua berhasil mendapatkan 95 suara dari 151 anggota DPD yang hadir dalam rapat pemilihan pimpinan pada Rabu (2/10/2024).

Sedangkan, kubu La Nyalla Mattalitti sebagai ketua bersama Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muhammad Ihsan sebagai calon wakil ketua hanya memperoleh 56 suara.

Selanjutnya, dilakukan pelantikan dengan diawali oleh pembacaan Keputusan DPD tentang Pimpinan DPD periode 2019-2024.

Lalu, diadakan pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. 

"Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi. Serta berbakti kepada bangsa dan negara," kata para pimpinan DPD RI.

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI," tambahnya.

Adapun persidangan ini berjalan alot. Interupsi terus dilakukan dari para senator yang hadir. Bahkan, Sultan dan La Nyalla nyaris berkelahi.

Sidang Paripurna itu pun sempat diskors oleh Ketua Sementara DPD RI Ismeth Abdullah karena banyaknya perdebatan mengenai mekanisme pemilihan ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: