Profil Marissa Haque: Jalani Karier Aktris hingga Akademisi

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 02 Oktober 2024 | 16:45 WIB
Aktris Marissa Haque meninggal dunia. (Foto/instagram @marissahaque)
Aktris Marissa Haque meninggal dunia. (Foto/instagram @marissahaque)

BeritaNasional.com - Aktris senior Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu (2/10/2024) dini hari di usia 61 tahun. Bukan hanya dunia hiburan, kalangan politikus dan akademisi turut berduka.

Diketahui, Marissa pernah menjadi anggota DPR RI Fraksi PDIP periode 2004-2009 dan sampai saat ini aktif mengajar di STIE IBS, Kemang, Jakarta Selatan. 

Jenazah Marissa Haque saat ini disemayamkan di rumah duka kawasan Pelangi Bintaro, Tangerang Selatan. Marissa Haque juga akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir hari ini.

Profil Marissa Haque:

• Nama lengkap: Marissa Grace Haque

• Kelahiran: 15 Oktober 1962, Balikpapan 

• Pasangan: Ikang Fawzi 

• Anak: Isabella Fawzi, Chikita Fawzi 

• Wafat: 2 Oktober 2024 (umur 61)

Awal Karier sebagai Aktris

Marissa Haque merupakan aktris sekaligus politikus yang memulai kariernya dengan membintangi film Kembang Semusim pada 1980. 

Melalui film itu, Marissa Haque bisa bertemu dengan Ikang Fawzi yang juga menjadi aktor pendukung. Kemudian, keduanya menikah pada 3 Juli 1986 dan dikaruniai dua anak perempuan. 

Masuk Dunia Politik

Marissa Haque pernah menjadi kader sejumlah partai, pertama kali bergabung dengan PDI Perjuangan menjadi anggota DPR 2004 dengan dapil Jawa Barat II. 

Setelah itu Marissa Haque bergabung dengan PPP untuk maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009 dengan Dapil Jawa Barat I. 

Pada 2014, Marissa Haque ikut pileg kembali sebagai kader PAN dapil Bengkulu, tetapi tidak lolos.

Menjadi Akademisi

Marissa Haque juga bergelut sebagai akademisi dengan menuntaskan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana di Universitas Indonesia (UI). Dia juga mendapatkan gelar doktor dari Universitas Padjadjaran (Unpad) di bidang hukum.

Pendidikan tinggi dan pengalaman sebagai aktris dan politikus menjadikan Marissa sebagai sosok yang berwawasan luar biasa.

(Novita Dwiyanti/Magang)sinpo

Komentar: