Australia Puji Upaya Indonesia dalam Tangani Wabah Rabies

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 03 Oktober 2024 | 05:00 WIB
Indonesia mengatasi wabah Rabies (Foto/Pixabay)
Indonesia mengatasi wabah Rabies (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Australia mendukung upaya Indonesia dalam menangani rabies dengan menyediakan tambahan 200.000 vaksin rabies untuk anjing. Menurut Australia ini merupakan langkah yang sangat baik.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gita Kamath, memuji kepemimpinan Indonesia dalam memobilisasi layanan kesehatan manusia dan hewan untuk mengatasi wabah rabies.

“Layanan kesehatan lokal yang tanggap dan bekerja sama erat dengan masyarakat setempat merupakan kunci untuk mengoordinasikan respons terhadap wabah. Vaksin ini akan mendukung upaya berkelanjutan Indonesia untuk menjaga masyarakat agar terhindar dari rabies,” katanya.

Dari vaksin tersebut, sebanyak 130.000 telah tersedia untuk memvaksinasi anjing di Nusa Tenggara Timur. Dukungan vaksin ini melengkapi 200.000 dosis yang sebelumnya telah disediakan untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan 400.000 dosis yang diberikan kepada Provinsi Bali.

Australia bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mengatasi rabies, termasuk dengan mendukung vaksinasi anjing secara massal, melatih para pemberi vaksin, staf laboratorium dan petugas kesehatan masyarakat, serta penyuluhan untuk mengedukasi masyarakat.

Australia sendiri juga berkomitmen pada tujuan global untuk mengakhiri kematian manusia akibat rabies yang disebarkan oleh anjing, pada tahun 2030.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: