Senapan Serbu Asli Indonesia Laris Manis, Dipesan Amerika hingga Negara Asia Tenggara

Oleh: Bachtiarudin Alam
Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:40 WIB
Senapan serbu buatan PT Pindad (Foto/PT Pindad)
Senapan serbu buatan PT Pindad (Foto/PT Pindad)

BeritaNasional.com - Senapan serbu assault military one (AM-1) produksi PT Pindad laris manis di pasaran. Senjata buatan perusahaan dalam negeri ini mulai diminati atas ketangguhannya sejak diperkenalkan pada tahun 2022.

“Sudah berhasil, kita sudah sertifikasi, kita sudah malah dapat kontrak 2.000,” kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose usai acara penyerahan Alpalhankam kepada TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Mose mengklaim, senjata AM-1 ini telah banyak peminatnya tidak hanya dipesan internal TNI. Melainkan, untuk Amerika Serikat dan beberapa negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Sambutan baik itu datang, usai PT Pindad memamerkan senjata AM-1 dalam acara Defence Service Asia (DSA) Exhibition and Conference 2024 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Mei 2024.

Termasuk ajang pameran senjata yang baru-baru ini digelar, dalam acara Asian Defence, Security and Crisis Management Exhibition and Conference (ADAS) 2024 di Filipina, 25-27 September. 

"Ada juga permintaan dari negara-negara lain misalnya dari Amerika juga sudah minta, karena cukup simple dan reliable untuk digunakan. Selain itu juga masuk dari negara-negara Asia Tenggara," ujarnya.

Dikutip melalui website Pindad, AM-1 merupakan senapan serbu kaliber 5.56 x 45 mm NATO dengan prinsip kerja Gas Operated dan Piston dengan Panjang laras 14,5 Inch.

Senapan ini juga dilengkapi dengan popor teleskopik yang bisa direntangkan ke belakang (ditarik). Dengan panjang total 881 mm pada keadaan popor terentang penuh dan 797 mm pada kondisi popor posisi normal. 
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: