Wojciech Szczesny Kembali dari Pensiun, Resmi Bergabung dengan Barcelona

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 01:43 WIB
Wojciech Szczesny bergabung dengan Barcelona. (BeritaNasional/Instagram)
Wojciech Szczesny bergabung dengan Barcelona. (BeritaNasional/Instagram)

BeritaNasional.com -  Barcelona telah mengonfirmasi penandatanganan penjaga gawang yang baru saja pensiun, Wojciech Szczesny, dengan kontrak hingga akhir musim ini.

Penjaga gawang asal Polandia tersebut memutuskan untuk mengakhiri kariernya musim panas lalu setelah menjalani periode sukses bersama Juventus.

Namun, ia segera diidentifikasi sebagai target Barcelona setelah Marc-Andre ter Stegen mengalami cedera parah yang membuatnya absen hingga akhir musim.

Szczesny terlihat hadir di Estadi Olimpic Lluis Companys saat Barcelona mengalahkan Young Boys 5-0 dalam pertandingan Liga Champions pada hari Selasa (1/10/2024), kini klub telah resmi mengonfirmasi kedatangannya.

Pada musim terakhirnya bersama Juventus, Szczesny tampil dalam 35 pertandingan Serie A, setelah sebelumnya membantu tim meraih tiga gelar liga dan tiga trofi Coppa Italia selama masa baktinya di Turin.

Szczesny akan menjadi pemain asal Polandia kedua yang bermain untuk tim pria Barcelona setelah Robert Lewandowski, yang juga rekannya di tim nasional. Keduanya pernah bermain bersama dalam 71 pertandingan untuk timnas Polandia.

Setelah cedera yang menimpa Ter Stegen saat Barcelona menang 5-1 melawan Villarreal pada bulan September, Inaki Pena langsung menggantikan posisinya.

Namun, Barcelona bergerak cepat untuk mencari opsi lain guna mengisi kekosongan di posisi penjaga gawang, mengingat Pena masih berusia 25 tahun dan merupakan lulusan akademi klub.

Szczesny dikenal ketika membela Arsenal, di mana ia membuat 181 penampilan di semua kompetisi dan memenangkan dua trofi FA Cup. Namun, setelah kehilangan posisinya di tim utama, ia pindah ke Roma dengan status pinjaman selama dua musim.

Penampilannya yang mengesankan di Roma membuatnya direkrut oleh Juventus, di mana ia menggantikan legenda Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang utama.

Penjaga gawang berusia 34 tahun tersebut bertahan di Turin hingga musim panas ini, sebelum kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontraknya agar ia bisa pensiun. Namun, kini Szczesny memutuskan untuk kembali bermain dan kemungkinan besar akan melakukan debutnya dalam pertandingan La Liga berikutnya melawan Alaves pada hari Minggu mendatang.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: