Ahmad Muzani Disepakati Seluruh Fraksi Sebagai Ketua MPR 2024-2029

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 02 Oktober 2024 | 21:36 WIB
Ketua Majelis Pembina MPI Ahmad Muzani saat diwawancarai beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)
Ketua Majelis Pembina MPI Ahmad Muzani saat diwawancarai beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Rapat Gabungan Pimpinan MPR secara resmi telah menyepakati Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Pada malam hari ini, tanggal 2 Oktober 2024, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, yaitu Bapak H. Ahmad Muzani," ujar Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Saat ini, MPR tinggal menunggu calon wakil ketua MPR yang diusulkan oleh kelompok DPD, yang masih menggelar rapat untuk penentuan.

"Beliau akan didampingi oleh delapan wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi politik di MPR. Yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang masih rapat pada malam ini untuk menentukannya," kata Basarah.

MPR akan menggelar Rapat Paripurna penetapan susunan pimpinan MPR pada Kamis, 3 Oktober 2024.

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh H. Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," tandas Basarah.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: