Rangkaian HUT TNI ke-79 Bakal Suguhkan Atraksi Menakjubkan, Berikut Daftarnya

Oleh: Bachtiarudin Alam
Kamis, 03 Oktober 2024 | 10:13 WIB
Gladi bersih acara HUT TNI ke-79. (BeritaNasional/Bachtiarudin)
Gladi bersih acara HUT TNI ke-79. (BeritaNasional/Bachtiarudin)

BeritaNasional.com - Puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 hanya tinggal menghitung hari, segala persiapan pun sudah dilakukan untuk menyambut puncak acara di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10/2024) nanti.

Mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, TNI menyiapkan berbagai atraksi dan kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh masyarakat. 

Berdasarkan pantauan Beritanasional.com dalam acara persiapan gladi bersih yang digelar Kamis (3/10/2024) terlihat seluruh satuan dari tiga Matra Angkatan mulai menampilkan atraksinya.

Diawali pertunjukan marching band mengawal kehadiran ribuan prajurit dari masing-masing satuan. Disusul atraksi puluhan penerjun payung dari satuan TNI Angkatan Udara (AU) yang menghiasi langit kawasan Monas.

Setelah atraksi terjun payung, masyarakat kembali disuguhkan penampilan demo bela diri dan demo berkuda untuk memperlihatkan ketangkasan dan keterampilan tempur prajurit di segala medan.

Kedua atraksi ini mensimulasikan pertempuran prajurit TNI dalam menumpas setiap potensi gangguan. Terekam jelas kemampuan beladiri tangan kosong, sampai penggunaan senjata dari setiap prajurit.

Usai atraksi di darat para pengunjung kembali diajak melihat udara menyaksikan Fly Pass, Boomburst & High Speed Pass sebuah atraksi yang menampilkan pesawat-pesawat tempur TNI dengan kecepatan tinggi, membuat langit Jakarta bergemuruh.

Acara semakin meriah ketika penampilan Aksi para pilot TNI Angkatan Udara (AU) yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT). Dimana enam pesawat turut mempersembahkan manuver-manuver memukau di langit Jakarta.

Serangkaian atraksi ini ditutup Demo Anti Drone yang menunjukkan kemampuan, teknologi, dan strategi TNI dalam menangani ancaman drone di medan pertempuran modern.

Setelah penampilan atraksi selesai, acara dilanjutkan Defile Pasukan dan Alutsista menampilkan barisan pasukan serta alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI dari tiga matra, yakni TNI AD 107 Alutsista, TNI AL 120 Alutsista, TNI AU 44 Alutsista.

Semua alutsista ini ditampilkan selama rangkaian parade yang nantinya akan disaksikan masyarakat sebagai simbol kekuatan pertahanan negara yang dimiliki TNI.

Tidak hanya atraksi militer, acara ini juga akan dimeriahkan dengan festival band yang menghadirkan sejumlah bintang tamu kenamaan, diantaranya Dewa 19, Slank, Ari Lasso, NDX AKA, Raffi Ahmad, Bebizie, dan Oki Lukman.

Selain itu, masyarakat yang hadir dalam acara HUT TNI pun tidak perlu khawatir kelaparan. Karena akan ada Pengerahan 200 UMKM yang menyediakan makan dan minum gratis serta dapur lapangan dari setiap Matra untuk pelayanan makan gratis kepada penonton.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: