Dipimpin Ahmad Muzani, Berikut Daftar 9 Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 11:44 WIB
Pelatinkan pimpinan MPR RI periode 2024-2029. (BeritaNasional/Ahda).
Pelatinkan pimpinan MPR RI periode 2024-2029. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI resmi menetapkan dan melantik sembilan pimpinan MPR periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024). Delapan pimpinan berasal dari fraksi-fraksi di MPR dan satu perwakilan unsur DPD RI.

Dalam Rapat Gabungan sehari sebelumnya, sudah disepakati susunan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi partai politik. 

Serta secara musyawarah sepakat menunjuk Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra sebagai ketua MPR RI 2024-2029. Masing-masing partai mengusulkan nama perwakilan fraksi sebagai wakil ketua MPR.

Sementara itu, DPD RI juga memilih wakilnya di pimpinan MPR melalui rapat pemilihan calon wakil ketua MPR unsur DPD. Melalui voting, Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih mengalahkan Fadel Muhammad.

Ketua MPR Sementara Guntur Sasono mengetuk palu pengesahan penetapan 9 pimpinan MPR periode 2024-2029. Dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua/Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," ujar Syarifuddin yang ditirukan oleh ketua dan wakil ketua MPR.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjut pembacaan sumpah janji ketua dan wakil ketua MPR.

Berikut Susunan Pimpinan MPR Masa Jabatan 2024-2029:

Ketua MPR Ahmad Muzani

Wakil Ketua MPR I Bambang Wuryanto (Fraksi PDIP)

Wakil Ketua MPR II Kahar Muzakir (Fraksi Golkar)

Wakil Ketua MPR III Lestari Moerdijat (Fraksi NasDem)

Wakil Ketua MPR IV Rusdi Kirana (Fraksi PKB)

Wakil Ketua MPR V Muhammad Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS)

Wakil Ketua MPR VI Eddy Soeparno (Fraksi PAN) 

Wakil Ketua MPR VII Edhie Baskoro Yudhoyono (Fraksi Demokrat)

Wakil Ketua MPR VIII Abcandra Muhammad Akbar Supratman (kelompok DPD)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: