Pangkostrad Jabarkan Tantangan TNI ke Depan

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:30 WIB
IIlustrasi masyarakat bisa naik tank (Beritanasional/Bachtiarudin)
IIlustrasi masyarakat bisa naik tank (Beritanasional/Bachtiarudin)

BeritaNasional.com -  Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Mohamad Hasan menekankan 
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI  harus menjadi momentum dalam merefleksikan setiap dinamika dan tantangan ke depan. Menurutnya ada beberapa tantangan saat ini yang harus dijawab TNI. Salah satunya Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang TNI, pasal 7b terkait dua tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi militer Selain Perang (OMSP). 

“Namun pada implementasinya, TNI masih belum bisa utuh dan mandiri menyelenggarakan tugas tugas tersebut,” katanya, Sabtu (5/10/2024).

Hasan menilai kekosongan aturan pelaksana yang mengatur setiap tugas yang termaktub dalam pasal 7b menyebabkan pengerahan kekuatan TNI dalam setiap tugas OMSP tidak didukung dengan anggaran yang memadai.

“Sejauh ini TNI selalu hadir paling dalam setiap upaya mengatasi persoalan bangsa. Kecepatan TNI hadir paling depan ini adalah panggilan jiwa dan tanggung jawab moral untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” ujarnya. 

Bahkan kondisi ini terjadi hampir di semua tugas yang diamanatkan pasal 7b UU TNI. Kecuali tugas pengamanan presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan Paspampres. 

“Oleh karena itu menjadi tugas dan tanggung jawab para pejabat hukum di TNI untuk menjabarkan semua tugas pokok TNI khususnya tugas OMSP dengan aturan pelaksanaan yang memadai,” cetusnya.

Hasan juga menyinggung tantangan dalam modernisasi alutsista TNI. Dengan kelengkapan alutsista yang canggih dan memadai ia berharap TNI dapat menjadi kekuatan militer utama di kawasan Asia. 

“Modernisasi alutsista ini harus ditopang dengan penguatan dan peningkatan industri pertahanan di dalam negeri".

Dengan tantangan dan ancaman ketahanan negara yang semakin kompleks TNI seharusnya sudah menggunakan konsep Smart Defense yang berfokus pada penggunaan teknologi terkini meliputi penggunaan drone, artificial intelligence dan penguatan siber dalam operasi. 

"Unsur tersebut menjadi sangat penting untuk memperkuat TNI dalam menghadapi ancaman yang akan timbul. Kita semua berharap melalui momentum HUT ke-79 Tahun 2024 ini, TNI akan semakin modern dan bersama dengan rakyat mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju,” tukasnya. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: