Hari Guru Sedunia: Guru Semakin Bergerak dan Menggerakkan

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 15:31 WIB
Sejumlah murid saat bersalaman dengan guru. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Sejumlah murid saat bersalaman dengan guru. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Setiap tanggal 5 Oktober biasa diperingati sebagai Hari Guru Sedunia. Diharapkan peringatan ini bisa menjadi momen besar untuk merayakan peran serta perubahan yang telah dilakukan guru bagi dunia pendidikan. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Temu Ismail, menyampaikan apresiasinya atas kontribusi guru-guru Indonesia yang telah membawa kemajuan pada pembangunan pendidikan nasional dalam mewujudkan SDM yang unggul.

“Kami menyadari guru-guru kita hebat sekali. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi di sekolah dan di lingkungannya masing-masing, telah memberikan solusi dan juga mitigasi yang baik,” ujar Temu dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (5/10/2024)

Ia menambahkan, dari 26 episode kebijakan Merdeka Belajar, 16 di antaranya merupakan kebijakan yang terkait guru dan tenaga kependidikan. Menurutnya, hal ini menunjukkan betapa pentingnya guru di dunia pendidikan. 

“Kemendikbudristek berkomitmen untuk menjadikan profesi guru lebih bermartabat, lebih terhormat, lebih membanggakan, dan menjadikan profesi guru sebagai pemimpin pembelajaran dan agen transformasi pendidikan,” katanya.

Sementara, Guru SMPN 4 Karangploso Satu Atap Malang, Churotul Mafiroh, menyampaikan bahwa salah satu program pemerintah yakni Program Guru Penggerak memberikan inspirasi kepada para guru sebagai penggerak untuk lebih percaya diri dalam membangun perubahan yang lebih baik.

“Program ini juga terus menginspirasi kepada kami agar terus belajar dan terus berinovasi, dan Sebagai guru penggerak, tentunya menjadi semakin percaya diri untuk terus berperan sebagai agen perubahan baik di sekolah maupun di komunitas,” tutur Churotul. 

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: